oleh

Desy Desak Pemprov Sulsel Perbaiki Jalan Desa di Wajo

Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Anggota DPRD Sulsel, Desy Susanty Sutomo mendesak pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Pasalnya ada alan desa di bantaran Sungai Walennae di Kabupaten Wajo mesti segera diperbaiki, karena memang merupakan kewenangan Pemprov dan pusat.

Hal ini ditemukan Desy saat ia menggelar reses masa sidang III yang dilaksanakan di 5 titik kecamatan di Wajo. Jika tidak segera diperbaiki, maka bisa membahayakan masyarakat setempat.

“Diharapkan¬†koordinasi Pemprov dan pusat, karena adanya jalan desa yang putus dan jebol yang berada di bantaran Sungai Walannae akibat terjangan air. Kerusakan ini bisa saja menenggelamkan 6 desa di Kecamatan Bola, Wajo,” kata Desy.

Dia melanjutkan, keenam desa tersebut diantaranya ialah Rajamawellang, Lempong, Bola, Ujung tanah, Solo dan Balielo. Desy menilai apabila tak segera mendapatkan anggaran perbaikan dari pemerintah pusat, maka imbasnya akan lebih buruk.

“Maka akibatnya akan menenggelamkan sebagian desa hingga keseluruhan. Dan bisa saja turut menenggelamkan¬†kurang lebih 10 ribu hektar lahan pertanian,” beber Desy.

Politisi Nasdem ini pun berharap, agar pemerintah provinsi segera dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Agar segera menganggarkan bantuan perbaikan jalan yang sudah ditinjau tersebut.

Selain itu lanjut Desy, beberapa hal yang menjadi sorotan masyarakat ke infrastruktur jalan provinsi. Seperti jalan di Kecamatan Maniangpajo yaitu poros Anabanua Wele.

“Menurut laporan pengerjaan dihentikan secara total yang masih berkisar 5 persen. Ada juga proyek provinsi yang berada di Kecamatan Pammana dan Kecamatan Sajoanging, dengan anggaran puluhan milyar, namun diperkirakan pondasi dan bestek tak sesuai dengan anggaran,” jelasnya.

Desy mengungkapkan, aspirasi ini sudah disampaikannya kepada Ady Ansar yang merupakan perwakilan Nasdem di Komisi D bidang pembangunan DPRD Sulsel. (*)