oleh

Penggunaan Layanan XL Naik 35 Persen Selama Ramadan dan Idulfitri, Ini Penyebabnya

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Penggunaan layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengalami peningkatan selama periode bulan suci Ramadan hingga hari raya Idul Fitri 1442 H.

Secara nasional, peningkatan layanan data tersebut mencapai 35 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 15 persen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Meskipun ada larangan mudik, trafik di kota-kota yang biasanya menjadi tujuan utama mudik tetap meningkat. Trafik pemakaian layanan data di Sulawesi meningkat sebesar 10 persen.

Khusus di Sulawesi, trafik tertinggi berturut-turut terjadi di Kabupaten Polewali Mandar naik 28 persen, di Kota Palopo naik 27 persen, dan di Kabupaten Bone, naik 26 persen.

Untuk Area dan kota-kota yang sebelumnya popular sebagai tujuan mudik dan wisata selama libur Lebaran juga tetap menunjukkan kenaikan trafik seperti di Kabupaten Bulukumba, naik 25 persen dan di Kota Tomohon, naik 24 persen.

“Pola konsumsi masyarakat atas layanan telekomunikasi dan data selama periode liburan Idul Fitri tahun ini kembali dipengaruhi oleh adanya larangan mudik dan berbagai pembatasan mobilitas di tingkat lokal,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu (19/5).

Lebih jauh, peningkatan penggunaan data dipengaruhi juga pembatasan mobilitas masyarakat sehingga perjalanan wisata tidak begitu besar.

“Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kenaikan trafik yang masih tidak setinggi saat masa sebelum pandemi dan mudik lebaran masih belum dilarang. Kami bersyukur bisa melayani kebutuhan masyarakat untuk merayakan Lebaran tahun ini dengan lancar, hampir tanpa ada gangguan yang berarti,” terangnya. (*)