oleh

Selundupkan Barang Haram di Rutan Kelas I Makassar, Siap-siap Diciduk Anjing Pelacak

Any Ramadhani and Hikmah-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Dalam rangka pencegahan masuknya Narkoba, Rutan Makassar mendatatangkan dua ekor anjing pelacak dari Unit K- 9 BNNP Sulawesi Selatan.

Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi mengungkapkan, langkah ini sebagai upaya pencegahan dini dan merupakan program bersama dengan BNNP Sulsel.

“Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi resiko dalam pencegahan peredaran Narkoba di Rutan. Kami meminta bantuan kepada BNNP Sulsel agar menghadirkan anjing pelacak,” ujar Karutan, Kamis (20/5).

Lanjut dia, kedatangan anjing pelacak ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya barang haram,  sebab pada momen lebaran seperti saat ini penitipan barang meningkat drastis.

“Pada saat hari lebaran kapasitas jumlah titipan meningkat drastis dibanding hari biasa. Untuk itu pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan. Rencananya Anjing pelacak ini dijadwalkan tiga hari berada di Rutan,” kata Sulis.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel Agustinus Sollu mengatakan bahwa langkah ini merupakan langkah preventif atau penceghahan yang dilakukan oleh BNNP Sulsel dengan Rutan Makassar.

Hadirnya Anjing Pelacak ini diapresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Menurutnya, ini adalah salah satu bukti sinergi  kerjasama yang baik dengan BNNP Sulsel dalam pencegahan peredaran gelap Narkotika di Rutan. (*)