oleh

Pemkot Parepare Bersinergi Pemprov Sulsel Bangun Jembatan Kembar

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare bersinergi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan membangun sebuah jembatan dan jalan baru di Parepare tahun ini.

Jembatan dan jalan baru itu akan menyambung Jalan Nasional Jend M Jusuf dan Jalan Suaka Lestari, Parepare. Rencana total jalan yang dibangun sepanjang 3,5 km dengan lebar 7 meter. Sementara jembatan sepanjang 125 meter, dengan lebar 7 meter.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, jalan ini akan menunjang fungsi dari Terminal Angkutan Darat Lumpue dan Stasiun Kereta Api Lumpue jika dibangun nantinya.

“In Syaa Allah, melalui sinergitas Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare, kami akan membangun jembatan dan jalan baru yang akan menyambung Jalan Nasional Jend M. Jusuf dan Jalan Suaka Lestari. Rencana total jalan yang dibangun sepanjang 3,5 km dengan lebar 7 meter, dan jembatan sepanjang 125 meter, dengan lebar 7 meter,” ungkap Taufan Pawe melalui akun Instagram pribadinya.

Wali Kota Parepare dua periode ini mengemukakan, semakin pesatnya arus kendaraan yang masuk dan keluar di Parepare, mendesak kebutuhan jalan dan jembatan baru untuk mengurai arus transportasi. Jembatan Sumpang Minangae yang dibuat sejak 1978, sudah berusia 43 tahun dirasa menjadi satu-satunya akses menuju Parepare dan sebaliknya.

“Semoga rencana pembangunan ini berjalan dengan lancar. Aamiin yaa robbal’alamiin,” harap Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Tim Pemkot Parepare sudah melakukan presentasi rencana pembangunan jembatan kembar (Jembatan Sumpang Minangae dan jembatan baru yang akan dibangun) di hadapan Tim Verifikasi Gubernur Sulsel di Makassar pada 25 Mei 2021. Pemaparan itu terkait anggaran bantuan Pemprov Sulsel untuk Kabupaten Kota.

Tim Pemkot yang memaparkan di antaranya Kepala Bappeda Parepare yang juga Plt Kepala Dinas PUPR Parepare Samsuddin Taha, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare H Jamaluddin Achmad, dan Sekretaris Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun.
(***)