oleh

Hadirkan Rumah UMI, KPPN Makassar I Siap Bantu Pelaku Usaha Mikro

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar I meresmikan rumah  Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) bagi masyarakat se kota Makassar.

Rumah UMI tersebut merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial dimana mengajak masyarakat dalam kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pada program ini, UMi memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp20 juta per nasabah dan disalurkan ke lembaga keuangan Bukan Bank (LKBB).

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1, Saor Silitonga menjelaskan,  dalam penyaluran nya UMi terbagi atas penyaluran langsung ke debitur dan pola tidak langsung yang melalui lembaga Koperasi dan LKM

“Bantuan UMi ini bisa dimanfaatkan masyarakat dimana mekanismenya bisa dilakukan secara individu maupun kelompok.  Untuk syarat cukup memiliki udahan ultra mikro yang dibuktikan dengan NIK eletronik dan tidak sedang menerima fasilitas pembiayaan pemerintah yang tercatat di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP),” terangnya, Jumat (28/5).

Lebih jauh, dirinya berharap program rumah UMi ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat sehingga usaha mikro di Makassar dapat terbantu.

“Kami berharap rumah UMi ini bisa menjadi inovasi yang dapat menjadi bagian dari pengelolaan keuangan negara sehingga perekonomian nasional dapat bertumbuh,” Tukasnya. (*)