oleh

Kenaikan Kasus Aktif Diprediksi Akhir Juni

Editor : Any Ramadhani-Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Kenaikan kasus COVID-19 usai libur Lebaran 2021 diprediksi akan terjadi pada akhir Juni mendatang. Hal tersebut berdasarkan pengalaman kenaikan kasus sebelumnya usai momentum liburan di tahun lalu.

“Presiden menanyakan bagaimana trennya akan naik sampai kapan. Dari pengalaman tahun lalu, biasanya kenaikan itu akan mencapai puncak sekitar 5 sampai 7 minggu. Jadi kemungkinan akan adanya kenaikan kasus diperkirakan akan sampai akhir Juni,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (31/5).

Menurutnya, saat ini angka kenaikan kasus masih di bawah awal tahun 2021. Kasus aktif COVID-19 di Indonesia sekarang menyentuh angka 100 ribu.

“Kasus aktif sudah menyentuh angka 100 ribu. Paling rendah sempat di bawah 90 ribu. Jadi ini sudah ada kenaikan. Walaupun angka ini masih jauh dari angka puncak yang pernah dicapai di awal tahun berkisar 170 ribu,” imbuhnya.

Selain itu, keterisian tempat tidur juga mengalami kenaikan cukup tinggi. Dari seluruh kapasitas 72 ribu tempat tidur yang ada, sempat sampai di titik terendah. Yaitu 20 ribuan yang terisi.

“Sekarang angkanya sudah naik lagi sekitar 25 ribu tempat tidur yang terisi. Ada kenaikan sekitar 20 atau 25 persen. Semua pihak harus waspada dan hati-hati mengantisipasi kenaikan ini,” pungkasnya Budi. (int/*)