oleh

Hindari Calo, ini Kata Kanit Regiden Pinrang

Editor : admin 1, Penulis : Amran-Berita-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Hampir disetiap Kantor dalam pengurusan surat surat, jasa calo susah dihindari, hal tersebut dikarenakan banyak masyarakat yang malas mengantri dan tidak jarang dalam pengurusannya berbelit belit, padahal semua itu guna menghindari pemalsuan dan tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam mengantisipasi terjadinya penggunaan jasa (calo) dalam pengurusan surat surat utamanya kendaraan motor atau mobil, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Pinrang membuka beberapa tempat pembayaran pajak dan pengurusan surat2 kendaraan lainya.

Adapun tempat tempat pembayaran tersebut yaitu, Samsat keliling yang berada di 3 titik yakni di kantor camat kecematan duampanua, kecematan lembang dan kantor kecamatan suppa, serta di kantor Samsat jalan gatot subroto Kota Pinrang.

Mengenai hal ini Kanit Regident Satuan Lantas Polres Pinrang, Ipda Syarif mengatakan, kami senantiasa mengigatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten pinrang bahwa dalam pengurusan surat2 kendaraan agar tetap behati2 dan menghindari pengurusan kendaraan melalui jasa calo karna kami dari pihak samsat tidak bisa bertangung jawab apabila ada praktek percolaan dan komplain dari masyarakat yg menggunakan jasa calo,

Ipda Syarif menambahkan,dalam mengurus surat surat masyarakat lansung ke loket yg telah disiapkan, isi permolir pendaftaran lengkapi berkas pendukung, seperti foto ktp, stnk, dan bkpb, kalau bukan atas nama dalam stnk tinggal buat surat kuasa dr pemilik kendaraan, hanya saja banyak masyarakat yang tidak sabar, padahal tidak ada yang lama dalam mengantri, jelas ipda Syarif.

Ipda Syarifengingatkan,dalam memberikan layanan, petugas kami tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid 19 dan tetap mengedukasi masyarakat mewaspadai penyebaran Covid 19, karna kalau dilihat dari berita di televisi yg di umumkan oleh basarnas masih mengalami peningkatkan.

Patut juga di ketahui bahwa kantor samsat ini adalah kantor layanan publik dan terbuka untuk umum, siapa saja bisa berada di tempat ini dan tidak ada larangan untuk berada dikantor samsat, ini aset negara yg diperuntukkan untuk memberikan layanan kepada masyarakat, maka tidak mungkin setiap ada orang masuk ke kantor samsat petugas kami harus tanya “anda calo atau bukan calo”, bisa saja orang jadi tersinggung.

maka dari itu kami dari pihak samsat Pinrang membuka layanan yang langsung menyentuh kepada masyarakat dgn hadirnya cabang2 pembantu seperti samsat keliling ini semua untuk memberikan percepatan dan mendekatkan layanan samsat dalam kepengurusan surat2 kendaraan bermotor.

“Kami juga terus tingkatkan pelayanan dengan berlandaskan kinerja pelayanan Polri menuju Polri Yang PRESISI,” kata IPDA Syarif kepada media, Rabu (09/6/2021) siang.

Lanjutnya, hal ini di buktikan dengan kinerja maksimal para personil Polres Pinrang melalui Satuan Lalu Lintas dan segenap staf Dispemda serta Jasa raharja di kantor Samsat Pinrang.

“Kami mengigatkan kembali menghimbau kepada masyarakat Kabupaten pinrang, agar percaya diri dalam mengurus surat2 kendaraan, atau membayar pajak motor, dengan cara datang langsung ke loket-loket yang telah disediakan, dan tidak menggunakan jasa calo,” harap Syarif.

“menggunakan jasa calo justeru merugikan diri sendiri”, ini semua dalam rangka mewujudkan Kota Pinrang WBK dan WWBM.

“Polres Pinrang menuju zona integritas, demi terwujudnya daerah bebas korupsi dan bersih dalam melayani,” tutup Ipda Syarif. (*)