oleh

Danyon Brimob Parepare Hadiri Upacara Peresmian dan Syukuran Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sulsel

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

LUTRA, BACAPESAN.COM – Danyon Brimob Parepare, Kompol Sapari, mengikuti upacara peresmian dan syukuran Kompi 3 Batalyon B Pelopor menjadi Batalyon D Peopor, dilapangan apel Brimob Baebunta, jalan Trans Sulawesi no 220, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Kamis (10/6/2021). Adapun Inspektur upacara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Merdisyam.

Giat peresmian dan syukuran juga dihadiri Kombes Pol Drs Adeni Muhan Dg Pabali & Ny, Dir Polair Kombespol Supeno & Ny, Dirbinmas Kombesppol Drs. Andi Heru Susanto & Ny, Dirres Narkoba Kombespol Yanisudarto & Ny, Dir Res Krimun Kombes Pol Turman Sormin Siregar & Ny, Fansat Brimob Kombes Pol Muhammad Anis Prasetiyo Santoso & Ny, Dirpam Ovit Kombespol M. Ifta Falahadin & Ny, Koorspripim Kombes Pol E. Zulpan, Koorspripim AKBP Andiko Wicaksono, Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu, Kapolres Luwu Utara AKBP Irwan Sunuddin, Pabung 1403 Mayor Arm Syafaruddin, Wakil Bupati Luwu Utara Suaid Mansur, Ketua DPRD Lutra Drs. Basir, Kajari Lutra Haedar, Ketua Pengadilan Negeri Masamba Oki Basuki Rachmat, Sekda Luwu H. Sulaiman, Sekda Tana Toraja Samuel T Bura.

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Sulawesi Selatan Irjen Pol Drs. Merdisyam mengatakan, pembentukan dan pengukuhan Batalyon D itu merupakan wujud dari bhakti Brimob dalam menjaga dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Batalyon D Pelopor ini akan membackup wilayah Luwu Raya plus Tana Toraja dan Toraja Utara,” kata Kapolda. Merdisyam berharap dengan hadirnya Batalyon D Pelopor, masyarakat di enam wilayah bisa merasakan dampaknya.

Di tempat terpisah, Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kompol Sapari mengatakan, dengan perubahan dari Kompi 3 Batalyon B Pelopor menjadi Batalyon D Pelopor, berdampak terhadap perubahan struktur organisasi pada satuan brimob. Selain itu keberadaan markas Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Sulsel di Luwu utara ini untuk mendukung tugas Polri dalam melaksanakan pengamanan objek vital.

“Saya berharap kepada seluruh personel Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Sulsel agar memiliki rasa tanggung jawab untuk merawat dan menjaga serta memanfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Khusus untuk wilayah Sulsel, saat ini baru terdapat 3 batalyon Brimob Polda Sulsel yang berkedudukan di Makassar, Pare-pare dan Bone. Hadirnya Batalyon D Pelopor ini menjadi yang keempat.

Batalyon D akan bermarkas di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Sebagai Komandan Batalyon adalah Kompol Muhammad Agus. Untuk sementara, Batalyon D ini akan bermarkas di Baebunta yang merupakan Kompi 3 Batalyon B Pelopor.
(***)