oleh

Pelindo IV Terus Bina UMKM di 11 kabupaten di Sulawesi Selatan

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) konsisten mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan selalu melakukan monitoring dan survei terhadap semua mitra binaan.

Kali ini, monitoring dan survei tim Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dilakukan terhadap 26 mitra binaan yang ada di 11 kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, sejak program ini dilakukan oleh Perseroan, pihaknya tidak pernah melepaskan kegiatan monitoring dan survei terhadap semua mitra binaan.

“Mulai saat ini kami sudah merencanakan, apakah kegiatan monitoring dan survei ini akan dilakukan pada setiap awal bulan atau per triwulan sekali,” ujar Toto, Kamis (10/6).

Sambung Toto, saat ini total ada 26 mitra binaan yang selama empat hari lalu dimonitoring dan disurvei kembali oleh tim dari Program TJSL Pelindo IV. Semuanya tersebar di 11 kabupaten di Sulsel, yakni Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sidrap, Barru dan Kabupaten Maros.

Ke dua puluh enam mitra binaan tersebut memiliki jenis usaha yang beragam, ada yang bergerak di sektor UMKM koperasi simpan pinjam, bengkel las, toko pakaian, toko kelontong, budidaya burung puyuh, salon, kelompok tani, peternakan ayam, dan lain sebagainya.

“Mereka rerata sebelumnya sudah memiliki usaha sendiri dan kemudian mendapatkan bantuan modal usaha dari Pelindo IV melalui Program TJSL,” jelas Toto.

Dalam hal ini lanjut Toto, pihaknya tidak hanya sekadar memberikan bantuan tetapi juga melakukan monitoring dan survei terhadap usaha yang dijalankan oleh para mitra binaan tersebut.

Bahkan pihaknya juga memiliki program pelatihan bagi mitra binaan, terutama dari klaster pertanian dan perikanan. “Untuk pelatihan, hingga saat ini tidak ada kendala karena meski Covid-19 tetapi pelatihan tetap bisa diberikan secara virtual melalui aplikasi zoom,” sebutnya.

Dia berharap, ke depan semakin banyak UMKM milik masyarakat yang mendapatkan bantuan modal usaha melalui Program TJSL Pelindo IV.

“Karena salah satu tujuan dari program ini adalah turut membantu pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan dan juga untuk mengurangi angka pengangguran,” tukasnya. (*)