oleh

BPKA Sulsel Tingkatkan Integrasi Pembangunan Rel Kereta Api dengan FGD

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Berita, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pembangunan kereta api saat ini terus digenjot, dalam upaya tersebut pihak Perkeretaapian terus berintegrasi untuk merampungkan pembangunan sarana transportasi yang digadang gadang mampu meningkatkan ekonomi Sulawesi Selatan ini.

Salah satu upayanya dengan melakukan Fokus group discussion bertajuk ‘Embrio Sistem Transportasi Berbasis Rel dalam Mendukung Pembangunan IKN dan Indonesia Bagian timur’ yang digelar Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel.

Ketua Panitia FGD Perkeretaapian Trans Sulwesi, Arif Hidayat menjelaskan FGD yang melibatkan beberapa stakeholder yang memiliki peranan penting dalam pembangunan rel kereta api Trans Sulawesi ini membahas sinergi dan integrasi pembangunan rel kereta api.

“Intinya adalah bagaimana kita mengintegrasikan rel kereta api. Integrasi antara rel dan simpul kereta api dekat stasiun dengan simpul transportasi yang lain contoh stasiun kereta dengan pelabuhan, rel kereta dengan terminal stasiun kereta dengan bandara,” kata Arif, Jumat (11/6/2021).

Dalam diskusi kali ini dibahas juga kaitan antara rel dengan angkutan darat misalnya bus dan angkutan kota.

“Semua itu sudah dibicarakan mulai dari hubungan rel dan angkutan kota juga yang terkait dengan logistik barang. Misalnya alur logistik dari pabrik atau gudang yang ada di daerah yang bisa diangkut ke Makassar dan ke daerah lain,” jelasnya. (*)