oleh

Wali Kota Parepare Sebut Pasar Wekke’e Dorong Ekonomi Warga Bacukiki

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM Pemerintah Kota Parepare melalui Kecamatan Bacukiki bersinergi dengan Dinas Perdagangan Kota Parepare gencar melakukan Sosialisasi terkait fungsi pasar Wekke’e.

Dalam Sosialisasi tersebut menghadirkan pedagang yang telah berjualan di sepanjang bahu jalan di sekitar Jalan Garuda Wekke’e (Perumnas).

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca didampingi Sekretaris, Prasetyo, dan Camat Bacukiki Saharuddin memberikan penjelasan kepada pedagang terkait rencana pemungsian pasar sebagai upaya mendongkrak perekonomian masyarakat, juga menghindar kemacetan sepanjang jalan Garuda akibat menjamurnya aktivitas jual beli di tepi jalan.

Kegiatan itu dilaksamakan di Baruga Peduli Kecamatan Bacukiki. (12/6/2021).

Camat Bacukiki Saharuddin mengatakan, memungsian pasar Wekke’e sebagai tindak lanjut keinginan Wali Kota Parepare yang telah mencanangkan Tahun 2021 adalah sebagai tahun pemulihan ekonomi.

“Karena kita ketahui bersama bahwa Bapak Wali kota di tahun 2021 mencanangkan sebagai tahun pemulihan ekonomi. Tentu kami sebagai aparat menindaklanjuti dengan difungsikannya kembali pasar Wekke’e yang menjadi sperekonomian baru bagi masyarakat Bacukiki,” ujar Saharudin.
Sejauh ini kata dia, sudah ada 50 pedagang yang sudah mendaftar,” kata Sahar.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca didampingi Sekretaris Prasetyo Catur, menyampaikan, sosialisai ini harus betul-betul dimanfaatkan, agar masyarakat dapat mengetahui alasan dan dampak dari pemungsian pasar tersebut.

Kami dari jajaran pemerintah, baik kelurahan, camat, dan dinas terkait, bersepakat dalam rapat beberapa hari yang lau untuk memberikan kesempatan prioritas kepada masayarakat dua kelurahan yakni Kelurahan Lompoe dan Kelurahan Galung Maloang. Kita tidak mau masyarakat kita yang ada di sekitar pasar Wekke’e menjadi penonton, padahal dia juga punya kesempatan menjual di pasar ini,”ujar Hasan.

Ia berharap, masyarakat kecamatan Bacukiki terkhusus dua Kelurahan tersebut dapat memaksimalkan pasar Wekke’e jika telah difungsikan.

Sebelumnya wali kota Parepare HM. Taufan Pawe mengatakan, Pasar Wekke’e yang terletak di Perumnas, Kecamatan Bacukiki, segera difungsikan.

Rencananya pasar ini, akan mulai dioperasikan pada awal Juli 2021. Kini, Dinas Perdagangan telah membuka pendaftaran bagi para pedagang yang ingin berjualan, dimulai pada tanggal 7-12 Juni 2021.

Taufan Pawe mengungkapkan, dengan dibukanya pasar Wekke’e tersebut tentu akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Bacukiki.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah kota untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Bacukiki. Kita apresiasi intansi terkait yang proaktif dalam upaya tersebut,” tulis Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu.
(***)