oleh

Panitia TOT 2021 LPM Penalaran UNM Uji Jiwa Kritis Calon Peserta Lewat LGD

Any Ramadhani-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM) kembali mengadakan Training of Trainer (ToT) yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai dasar kefasilitatoran dan bekal kemampuan untuk menjadi fasilitator penalaran.

Peserta ToT merupakan anggota LPM Penalaran UNM yang memenuhi syarat dan ketentuan ToT tahun 2021. Adapun tema yang diusung pada ToT tahun ini adalah “Menjadi Fasilitator Penalaran: Efisien Menganalisis Efektif Memfasilitasi”.

Secara keseluruhan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga pekan. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 6-13 Juni 2021 yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Leaderless Group Discussion (LGD) yang bertempat di Rumah Nalar (15/06/2021). Dalam pelaksanaannya, peserta di bagi dalam 5 pos diskusi dengan masing-masing sebanyak 3-4 peserta. Ada lima tema yang akan didiskusikan pada saat LGD dan masing-masing kelompok akan diberikan satu tema yang diberikan secara random pada saat diskusi.

Selama diskusi terdapat satu orang observer yang tergabung dalam unsur panitia pengarah dan pengurus harian/anggota LPM Penalaran UNM yang mengawasi jalannya diskusi.. Tema LGD diambil dari permasalahan atau berita yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Kelima tema LGD tersebut adalah Kebocoran Data BPJS, Tes Wawasan Kebangsaan KPK, Jalur PPPK untuk Guru, Vaksinasi Covid dan Sekolah Luring di Tengah Pandemi.

Selain merupakan salah satu jenis tahapan pada Training of Trainer (ToT) 2021 LPM Penalaran UNM LGD juga diharapkan dapat melatih jiwa kritis mahasiswa dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada dalam masyarakat dengan tetap memperhatikan etika berargume yang baik. (*)