oleh

Wali Kota Parepare Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Covid-19

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap paparan Covid-19.

Kewaspadaan kata Taufan harus ditingkatkan dengan lebih memperhatikan penerapan dari 3M menjadi 5 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi atau interaksi.

“Saat ini kasus aktif di kota kita ada tiga. Kita tidak boleh main-main. Apalagi kasus secara nasional saat ini sangat meningkat sognifikasi. Varian baru dari berbagai negara masuk ke Indonesia. Olehnya itu, saya imbau kepada masyarakat saya berhati-hati atas potensi lonjakan gelombang kedua,” ujar Taufan Pawe, Jumat, (18/6/2021).

“Meski jumlah yang terkonfirmasi sedikit jumlahnya, namun warga Parepare harus mewaspadai karena kebanyakan (virus) dibawa oleh pendatang atau orang dari luar. Tapi untung tracking yang dilakukan cepat, sehingga tidak menyebar dan dapat diantisipasi lebih dini,” dr Renny Anggraeni Sary, menambahkan.

Dia menyebutkan, satu dari tiga pasien Covid-19 di Parepare merupakan anak usia 5 tahun, warga Parepare yang diduga terpapar dari orang tuanya. Satu pasien dewasa lainnya, yang juga warga Parepare diduga terpapar dari anaknya yang bekerja di salah satu perusahaan rumput laut yang ada di Kabupaten Barru. Sementara satu pasien lainnya merupakan warga Kota Makassar.

Bahkan kata Renny, seorang warga asal Kota Bandung yang dipindahtugaskan ke Parepare belum lama ini, turut menambah angka kasus aktif Covid-19 di Parepare. Namun pasien yang istrinya sempat ikut terpapar tersebut, saat ini dalam masa penyembuhan. “Untuk tiga pesien yang sementara kita tangani, kondisi cukup baik,” jelas Renny.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty yang juga Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 menguraikan data terbaru pertanggal 17 Juni 2021.

“Jumlah sembuh 1.396, sementara kasus aktif 3, dan meninggal dunia sudah 48. Total kasus di Parepare 1.447. Kontak erat dalam pemantauan 7 orang. Semua kecamatan saat ini berada pada zona hijau dengan nilai Rt 0,26.
(***)