oleh

Lestarikan Penyu, Pantai Lowita Lepas Liarkan Tukik

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Sebagai langkah melestarikan penyu, Komunitas pencinta Penyu yang tergabung dalam Komunitas lima putra pesisir, melaksanakan pelepasan anak penyu (Tukik). Selain melibatkan masyarakat setempat juga melibatkan pengunjung lokasi wisata.

Sebanyak 250 ekor tukik akan dilepaskan, dengan melibatkan warga dan pengunjung lokasi wisata,hal tersebut disampaikan oleh juru bicara komunitas lima putra pesisir, di pantai Lowita Pinrang Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Sabtu (19/6/2021).

Tujuannya, kata dia, untuk mengedukasi masyarakat, agar bersama sama melestarikan penyu sekaligus mempromosikan tempat wisata yang ada di pantai Lowita Pinrang.

Pelepas liaran tukik ini, sebagai upaya mencegah satwa tersebut dari kepunahan.

Sepanjang pesisir pantai Lowita merupakan habitat penyu untuk bertelur setiap musim telur April hingga menjelang akhir tahun.

Dari catatan komintas Lima Putra pesisir setidaknya tiga jenis penyu yang kerap bertelur di pesisir pantai Lowita masing masing penyu lekang, penyu sisik dan penyu hijau.

Setiap penyu, mampu menghasilkan sekitar 100 butir lebih setiap musim bertelur.

Saat ini, masih berkisar 60 sarang penyu yang akan menetas. rata rata setiap sarang memiliki 100 butir telur.

Anggota komunitas Lima Putra Pesisir Fajar Parajai , mengatakan telur penyu yang akan ditetaskan itu sebagian dibeli dari masyarakat karena ada pihak pihak yang mengkonsumsi dan memperjual belikan telur penyu.

Oleh para adopter mempercayakan pengelola untuk membeli telur telur dari tangan masyarakat untuk ditetaskan di penangkaran yang disiapkan karena penetasan telur penyu ini adalah swadaya dan melibatkan semua elemen.

Setiap tahun sekitar ratusan ekor penyu yang naik untuk bertelur di pantai Lowita. (*)