oleh

DPRD Torut Soroti Kegiatan yang Memicu Keramaian

Any Ramadhani and Cherly-Toraja Utara-

TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020 kabupaten Toraja Utara (Torut) digelar di ruang Paripurna DPRD Torut, Selasa, 21 Juni 2021.

Dalam paripurna tersebut, sejumlah anggota DPRD Torut menyoroti kegiatan yang ada di Torut yang memicu keramaian karena saat ini masih kondisi pandemi.

Salah satunya anggota DPRD dari Fraksi Gerindra, Marthen Bida kesempatan meminta kepada pemkab dalam hal ini satgas covid-19 untuk memperketat protokoler kesehatan, karena saat ini di Torut berbagai kegiatan yang memicu keramaian seperti acara rambu solo bahkan beberapa kegiatan pemerintahan lainnya yang mendatangkan orang-orang dari luar.

“Sejak beberapa bulan terkahir ini belum ada tanda-tanda pencegahan. Bahkan kita masih disibukkan dengan keramaian, padahal seharusnya kita berkaca dengan daerah-daerah lain yang awalnya adem-adem saja tetapi tiba-tiba membludak. Olehnya itu kita harus lebih serius melakukan pencegahan dini,” pungkas Marthen.

Bahkan ketua DPRD Torut, Nober Rante Siama dalam kesempatan itu juga menyoroti ada tiga forkopinda yang tidak masuk SK Satgas covid-19 Torut yakni ketua DPRD Torut, Kejari dan Pengadilan.

Sementara itu, Wakil Bupati Torut, Frederik Victor Palimbong mengatakan, Pemkab melalui satgas terus melakukan upaya pencegahan dari dini dan terus melakukan pencegahan dengan memperketat pemeriksaan di perbatasan masuk, walaupun tamu dari luar masuk dengan administarsi bebas covid-19 tetapi tetap dilakukan pemeriksaan. Bahkan di lembang dan kelurahan diminta untuk membuka pos untuk memeriksa pendatang yang masuk.

“Terkait adanya ASN yang positif terpapar satgas langsung melakukan trucking, pemeriksaan antigen bagi yang melakukan kontak dengan ASN yang positif covid-19 hasil semua negatif,” jelas Frederik atau yang akrab disapa bang Dedy. (*)