oleh

Ada Aplikasi Android Disusupi Virus Berbahaya, Buruan Hapus!

Any Ramadhani-Ekobis, Teknologi-

BACAPESAN.COM – Virus Joker dilaporkan kembali menyerang aplikasi di smartphone yang menjalankan sistem operasi Android.

Kali ini, terdapat delapan aplikasi Android yang sudah terinfeksi virus berbahay tersebut. Adapun aplikasi yang terinfeksi mulai dari Auxiliary Message, Fast Magic SMS, Free CamScanner, Super Message, Element Scanner, Go Messages, Travel Wallpapers, dan Super SMS.

Dikutip dari India Today, Senin (21/6), virus Joker itu disebut berbahaya karena memiliki kemampuan untuk mencuri data pengguna. Menurut laporan, delapan aplikasi itu sudah dihapus Google dari Play Store.

Namun, jika salah satu aplikasi itu terlanjur diinstal di perangkat pengguna, maka virus tetap ada di sana.

Oleh karena itu, pengguna disarankan agar segera menghapus aplikasi tersebut. Tujuannya, agar perangkat aman dari bahaya peretasan. Virus Joker merupakan malware trojan yang menargetkan pengguna Android.

Malware tersebut disebarkan langsung ke dalam aplikasi yang mau diinstal.

“Virus itu dirancang untuk mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat secara diam-diam,” tulis blog Zcaler.

Sebelumnya, Juli 2020 lalu, Google telah menghapus 11 aplikasi yang terinfeksi virus Joker dari Play Store. Kemudian Oktober 2020, perusahaan asal Amerika Serikat itu juga menghapus 34 aplikasi yang diketahui masih terinfeksi virus tersebut.

Adapun aplikasi yang terinfeksi mulai dari All Good PDF Scanner, Mint Leaf Message-Your Private Message dan Unique Keyboard Fancy Fonts & Free Emoticons.

Kemudian, Tangram App Lock, Direct Messenger, Private SMS, One Sentence Translator Multifunctional Translator, dan Style Photo Collage. Ada juga aplikasi Meticulous Scanner, Talent Photo Editor Blur Focus, Care Message, Part Message, Paper Doc Scanner, dan Blue Scanner. (jpnn/*)