oleh

CIMB Niagara Syariah Hadirkan Berbagai Strategi, Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis, Perbankan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Unit Usaha Syariah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) ikut mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan lewat ‘Sharia Sustainable Development Goals (SDGs) Initiatives 2020’.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara pada Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah, Kamis (24/6) menjelaskan, kehadiran program ini Sebastian bentuk tanggung jawab  CIMB Niaga Syariah untuk menjaga lingkungan dan bumi untuk keberlanjutan bisnis.

“Melalui inisiatif ini, kami juga mengajak seluruh stakeholders untuk bersama-sama mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ujar Pandji.

Menurut Pandji, CIMB Niaga Syariah telah menyusun sejumlah strategi. Salah satunya, Program Motor X-TRA Gesits yang merupakan pembiayaan syariah khusus untuk pembelian sepeda motor listrik. Program ini menggunakan fasilitas X-TRA Dana iB dengan akad murabahah atau pembiayaan dengan prinsip jual beli antara bank dengan nasabah.

Selain itu, CIMB Niaga Syariah juga telah menginisiasi Green Mortgage Islamic Financing, yaitu kolaborasi bisnis hijau yang memprioritaskan kerja sama dengan developer perumahan terpilih yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan.

Adapun untuk pembiayaan sindikasi, telah diimplementasikan Sustainable Syndication Islamic Financing, yang menyediakan program khusus untuk project pembiayaan sindikasi Syariah yang menyertakan kriteria keberlanjutan.

“Kami juga memiliki program Sustainability Linked Waqf yang bertujuan memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan. Kami mewujudkannya dengan menyediakan air bersih melalui Wakaf Sumur dari Program Wakaf Uang (Cash Waqf) dan Program Tabungan Mapan Wakaf,” tambah Pandji. (*)