oleh

Masyarakat Desa Massulowalie Gelar Mappalili Sebelum Turun Sawah

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Masyarakat Desa Massulowalie Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang menggelar acara Mappalili. Itu merupakan sebuah adat istiadat yang sudah lama menjadi tradisi hampir di semua Desa di Pinrang, digelar sebelum turun ke Sawah.

Adat Mappalili merupakan kebiasaan warga masyarakat Pinrang,sebelum memulai acara menenam dan segala prosesnya, maka Mappalili ini dilakukan dengan memohon kepada sang pencipta agar proses kegiatan menanam padi sampai dengan panen tidak ada hambatan dengan harapan panen berlimpah.

Hal itu diungkapkan Bupati pinrang saat menghadiri kegiatan Mappalili di Desa Massulowalie, Rabu (23/6/2021).

“Mappalili ini jangan disalah artinya, Mappalili ini adalah tanda kesyukuran kita kepada Allah SWT, semoga hasil panen kita bisa berlimpah” ungkap Bupati Irwan.

Lebih lanjut Bupati Irwan mengungkapkan, Mappalili ini juga melambangkan kuatnya kebersamaan masyarakat, karena dalam kegiatan ini, masyarakat dari seluruh pelosok Desa, utamanya yang memiliki sawah akan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Kalau kebersamaan kita bagus maka saya yakin hasil yang kita dapat juga akan jauh lebih bagus dan berkah,” ungkap Bupati Irwan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Irwan juga berkesempatan mengadakan dialog dengan para petani yang turut hadir.

Sementara itu, Kepala Desa Massulowalie mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran Bupati Pinrang dalam kegiatan ini, dirinyapun berharap hasil panen kali ini akan berlimpah. (*)