oleh

DPRD Majene Kunker ke Pemkot Parepare Belajar Sistem Tata Kelolah Keuangan

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan kunjungan kerja di Kota Parepare.

Tujuannya untuk belajar metode pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh pemerintah di kota bertajuk kota peduli tersebut.

Hal itu diungkapkan Agussalim, Sekertaris Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Parepare, mewakili Kepala BKD Pemkot Parepare Jamaluddin Ahmad.

“Ya, kita terima kunjungan kerja sejumlah Anggota DPRD Majene. Mereka ingin belajar bagaimana sistem pengelolaan keuangan khususnya dalam meningkatkan pendapatan asli daerah,” kata Agussalim. (25/6/2021).

Agussalim menjelaskan, pendapatan asli daerah pemerintah kota Parepare terus mengalami peningkatan.

Ada beberapa trik dan metode, kata dia, yang selama ini diterapkan sehingga hal itu terwujud. Salahsatunya mengoptimalkan potensi pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Kita punya inovasi dan metode tersendiri supaya pendapatan asli daerah kita meningkat. Itu yang mereka ingin pelajari. Apalagi dimasa sulit seperti ini yakni dampak dari covid-19. Pemerintah dan DPRD Kabupaten Majene ini ingin mengadopsi itu,” ucap dia.

Dia menambahkan, melalui sektor pajak PAD kota Parepare meningkat signifikan karena pemerintah menerapkan regulasi-regulasi yang sudah diatur, meski itu dimasa pemulihan ekonomi dampak covid-19.

“Termasuk penerapan sanksi tegas kepada wajib pajak,” tutup Agussalim.
(***)