oleh

KPU Takalar Gelar Bimtek Jurnalistik

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Supahrin-Parepare-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik di Ruang Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Takalar, Kamis (24/6).

Dalam Pelaksanaan Bimtek Jurnalistik tersebut KPU Takalar mengundang wartawan senior Uslimin yang akrab disapa K’ Usle. Ia juga merupakan salah satu anggota KPU Sulawesi Selatan.

Dalam paparannya, Usle menyampaikan membuat suatu informasi kegiatan atau Release yang akan disebar baik di Sosmed atau di Media dibutuhkan empat Unsur yang mesti diberikan.

Seperti dalam pembuatan berita yang layak berita yang dimengerti pembaca, mengandung empat unsur yakni Penting, Menarik, Aktual dan Faktual.

“Berita bisa menjadi layak berita jika mengandung empat unsur. Yakni penting, menarik, aktual dan Faktual. Olehnya itu, tentu ini diperhatikan ketika membuat realese sehingga informasi yang ingin kita sampaikan itu bisa tersampaikan dan dimengerti oleh pembaca,” kata Usle di hadapan para anggota KPU Takalar.

Diakhir materinya, Usle memberikan tugas kepada para Staf KPU Takalar utamanya Kasubag untuk membuat release mengenai kegiatan rapat pleno rutin yang dilaksanakan setiap pekan.

Sementara, Ketua Divisi Sosdiklih KPU Takalar, Alimuddin mengatakan Bimtek Jurnalistik digelar sebagai upaya meningkatkan kemampuan staf KPU Takalar dalam menyiapkan release berita disetiap kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Takalar.

Yang nantinya, kata Ali bisa dishare ke media mitra KPU maupun di Sosmed, sehingga kegiatan maupun informasi dari KPU bisa cepat diketahui oleh masyarakat luas.

“Kegiatan ini untuk melatih teman-teman Staf membuat realese berita kegiatan, sehingga setelah kegiatan Bimtek ini para staf dari semua divisi di KPU masing-masing dapat merilis berita setiap kegiatan yang dilaksanakan,” ungkap Ali.

Pada Bimtek Jurnalistik tersebut KPU Takalar sengaja sengaja mengundang Anggota KPU Sulsel Uslimin sebagai Pemateri karena memiliki latar belakang jurnalistik sebelum menjadi anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan. (*)