oleh

Adnan Minta KNPI Gowa Susun Program Konkrit yang Menyasar Masyarakat

Editor : Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Pelantikan, Orientasi Pengurus dan Rapat Kerja DPD KNPI Gowa periode 2021-2024 di Aula Permandian Je’netallasa Sileo, Kecamatan Bajeng, Senin (28/6).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Adnan meminta agar kepengurusan baru ini menyusun program nyata yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Dilantiknya pengurus baru KNPI ini sebuah semangat baru dalam suatu organisasi sehingga program yang dihadirkan harus berbeda dari pengurusan sebelumnya bahkan ditingkatkan. Program yang lebih konkrit dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Salah satu program yang bisa dihadirkan kata orang nomor satu di Gowa itu menangkap peluang pengembangan sarang burung walet dan porang yang sudah banyak di Kabupaten Gowa namun masih terkendala dengan pemasaran atau pembeli.

“Saat ini di Gowa sudah banyak petani porang dan sarang burung walet tapi yang diharapkan ada pembeli yang jelas, disinilah peran KNPI yang bisa menfasilitasi hal itu agar membantu perekonomian petani kita,” jelasnya. .

Selain itu, ia berharap pengurusan ini mampu beradapsi dengan segala aspek dan bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam membangun Gowa yang lebih baik dan masyarakat lebih sejahtera di masa yang akan datang.

“Yang dibutuhkan adalah kolaborasi untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan bisa diimplementasikan di lapangan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Gowa, Alumnus Zainuddin mengatakan pihaknya akan menyusun program kepengurusan dengan memperkuat program kerja pada rapat kerja yang dilakukan usai pelantikan ini.

Salah satunya di bidang pendidikan dan pertanahan yang dibarengi dengan penandatangan MoU dengan Rektor UIT dan Kepala BPN Gowa.

“Langkah awal yang kita lakukan adalah bekerjasama dengan beberapa pihak yaitu BPN Gowa untuk membantu guru mengaji di Gowa dalam hal pensertifikatan sementara pada bidang pendidkan membantu pihak seperti kepala desa untuk kuliah dan meraih gelar sarjana,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani mengatakan KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang terformat melalui legalitas Kementerian Pemuda dan Olahraga sehingga akan ikut langsung mensukseskan program pemerintah pusat maupun di daerah.

“Saat ini program pemerintah pusat atau daerah sedang menggalakkan vaksinasi sehingga kami juga ikut melakukan sosialisasi dan edukasi untuk mengalahkan isu hoaks terkait vaksinasi di lapangan,” katanya.

Olehnya ia turut meminta KNPI Gowa agar mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membantu dan mengoptimalkan potensi kepemudaan yang ada di Gowa.

Orientasi Pengurus dan Rapat Kerja DPD KNPI Gowa ini berlangsung selama 3 hari yakni 26-28 Juni dan dihadiri Ketua DPRD Gowa Rafiuddin, Wakil Ketua DPRD Gowa, Andi Tenri Indah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Fajaruddin, Kepala BPN Gowa, dan Rektor UIT Makassar. (*)