oleh

Di Hadapan KPK, Bupati Wajo Minta Pimpinan Perangkat Daerah Tingkatkan Capaian MCP 2021

Any Ramadhani-Wajo-

WAJO, BACAPESAN.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat Monitoring Center of Prevention (MCP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo pada 2020 lalu mencapai nilai 78,50 persen dan menempati peringkat ketujuh dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal itu disampaikan Bupati Wajo, Amran Mahmud, saat menghadiri monitoring dan evaluasi (monev) Program Pencegahan Korupsi Tahun 2021 yang dilaksanakan Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Selasa (29/6/2021).

Sebagai informasi, MCP merupakan aplikasi yang dibuat KPK untuk melakukan evaluasi dan pemantauan pemberantasan korupsi terintegrasi di daerah. Aplikasi MCP bertujuan untuk memudahkan KPK melakukan pemantauan.

Amran Mahmud melaporkan, bahwa pada 2020 lalu daerah yang dinakhodainya terus melakukan update pada aplikasi MCP yang mencakup 8 area intervensi. Namun, pemenuhan target capaian terkonsentrasi pada semester kedua karena pandemi Covid-19 terjadi sejak awal tahun.

“Meski demikian, MCP Kabupaten Wajo tahun 2020 mencapai nilai 78,50 persen atau peringkat ketujuh,” sebut Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga berharap bimbingan dan arahan dari Tim Koordinasi Wilayah IV Sulawesi KPK RI yang dipimpin Tri Budi Rochmanto didampingi Ambar Soeseno. Dia juga mengucap selamat datang sudah berkunjung ke Wajo.

“Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Bapak Tri Budi dan Bapak Ambar di Bumi Lamaddukkelleng, Sengkang Kota Sutra. Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo sangat mengharapkan bimbingan dan arahan guna lebih memahami upaya-upaya pemberantasan korupsi,” tutur Amran Mahmud.

Amran Mahmud tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pimpinan perangkat daerah kesungguhannya dalam mengawal MCP pada 2020 lalu.

“Saya berharap agar ke depannya bisa lebih meningkatkan perhatian dalam pemenuhan data atau dokumen kepada admin MCP di Kabupaten Wajo agar Kita dapat lebih memaksimalkan capaian progres MCP tahun 2021,” harapnya.

Sementara, Ketua Tim Korsupgah Wilayah IV Sulawesi KPK RI, Tri Budi Rochmanto, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Wajo atas capaian nilai MCP yang menurutnya adalah capaian baik.

“Saya berharap ini bisa ditingkatkan untuk tahun 2021 ini, serta terus berbenah untuk memaksimalkan pencapaian pada seluruh area intervensi yang telah ditetapkan,” ucap Tri Budi. (*)