oleh

Kabupaten Gowa Jadi Daerah Pelaksanaan Festival Senam Lansia Indonesia

Editor : Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melaunching program Rabu Sehat yang bertujuan menjaga kebugaran dan imunitas tubuh.

Karena dianggap memiliki kepedulian terhadap olahraga, Kabupaten Gowa akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Senam Lansia pada 16-17 Juli 2021 mendatang. Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga diperuntukkan bagi pra lansia dan lansia (45 tahun keatas).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Arwin Azis saat melakukan audiens bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (30/6).

“Festival senam lansia ini adalah program dari pusat, dan Sulsel dipilih menjadi tuan rumah sehingga kami dari provinsi memilih Kabupaten Gowa dan Kota Makassar sebagai lokasi penyelenggaraan festival,” ungkapnya.

Salah satu alasan penting dipilihnya Kabupaten Gowa kata Andi Arwin, karena daerah ini memiliki program Rabu Sehat dimana setiap hari tersebut rutin melakukan olahraga senam untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

“Pertimbangan kami memilih Gowa, kami melihat adanya program Rabu Sehat. Dari kegiatan itu kita menyimpulkan bahwa Pemkab Gowa sangat intens mengkampanyekan olahraga di tengah pandemi Covid-19. Karena salah satu solusi menjaga kebugaran dan imunitas tubuh di masa pandemi ini adalah rutin melakukan olahraga,” jelasnya.

Selain itu, ia juga memastikan sebelum pelaksanaan seluruh peserta mengikuti rapid antigen agar ketika festival ini dimulai seluruh peserta bisa terhindar dari penularan Covid-19 ditambah dengan penerapan protokol kesehatan.

Menaggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut baik program tersebut. Menurutnya hal ini sebagai bentuk perhatian provinsi ke Gowa karena menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Festival Senam Lansia ini.

Kendati demikian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Adnan meminta kegiatan tersebut dilakukan di ruangan terbuka dengan prokes ketat, terlebih lansia meruapakan salah satu kategori rentan terhadap penularan Covid-19.

“Alhamdulillah, Gowa dinilai sebagai daerah yang peduli terhadap pengembangan atau pola hidup sehat masyarakat dan ASN, sehingga program dari Kemenpora ini akan dilakukan di Gowa. Namun kita minta lakukan di tempat terbuka dan rencananya di Pelataran Ballalompoa dengan peserta yang dibatasi sebanyak 150 orang saja serta penerapan prokes ketat,” katanya.

Pada audiens ini Bupati Gowa turut didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gowa Kabupaten Gowa, Fajaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin dan Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H Firdaus. (*)