oleh

Indahnya Peradaban Purba Bakal Ditampilkan Di Toraja Internasional Festival

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Tana Toraja, Toraja Utara-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kegiatan tahunan Toraja Internasional Festival (TIF) kembali di helat di Tongkonan Buntu Penpompada pada 10 Juli mendatang secara offline dan 18 Juli secara online melalui channel youtube Lokaswara Project.

Tahun ini, Toraja Internasional Festival yang mengusung tema ‘Indahnya Peradaban Purba’ menjadi perhelatan yang ke 9 tahun setelah tahun sebelumnya diadakan dalam susana pandemi covid 19 pula.

Penggagas dan Pelaksana TIF, Franki Raden menjelaskan, kegiatan kali ini merupakan ajang pementasan seni lokal Sulawesi Selatan yang selama ini hampir punah. Tempat yang baru yakni Tongkonan Buntu Penpompada menjadi tempat yang dipilih sebagai tempat terselenggaranya kegiatan, itu karena karena lokasi yang unik.

“Tongkonan Buntu Penpompada memiliki area yang luas, Tongkongan ini juga memiliki deretan alang (lumbung) yang sangat indah dalam jumlah besar yang cocok untuk menjadi background khas dari panggung TIF yang menjadi tempat presentasi Seni dan Budaya Toraja,”ujar Franki dalam jumpa persnya di Gedung Mulo, Jumat (2/7).

Lanjut Franki, meski saat ini dalam suasana covid dirinya ingin masyarakat Toraja terkhusus pelaku seni tetap produktif dan memperlihatkan pada dunia.

” Kali ini kita memilih tempat yang baru dan menghadirkan kesenian yah sudah jarang di temui atau hampir punah. Disini tempat kita menyajikan budaya kita kepada dunia, dan TIF ini menjadi panggung kita,”lanjutnya.

Lebih jauh Franki mengungkapkan, kegiatan TIF ini menjadi satu dari tiga even yang disupport Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (*)