oleh

Bentuk Pengabdian Masyarakat, MTB Poltekpar Kembangkan Kuliner Enrekang

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis, Enrekang-

ENREKANG, BACAPESAN.COM – Program Studi Manajemen Tata Boga (MTB) Politeknik Pariwisata Makassar melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk ‘Pemanfaatan Bahan Lokal dalam Pengembangan Kuliner’ di Desa Langda Kabupaten Enrekang.

Digelar selama dua hari, Jumat dan Sabtu (2-3 Juli 2021), bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan kuliner Desa Langda dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang ada seperti kacang merah, kelapa muda, dangke, kopi, dan masih banyak lagi, kemudian bahan-bahan tersebut dibuatkan resep dan diajarkan kepada peserta bimtek, yang nantinya kuliner tersebut dapat dijual dan menjadi daya tarik wisata di kabupaten Enrekang.

Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin menyampaikan, kegiatan ini adalah bukti nyata seseorang yang ingin maju haruslah belajar, belajar, dan belajar terus.

“Tentunya prodak-prodak yang dihasilkan ini akan menjadi Hak Cipta oleh Program Studi Manajemen Tata Boga melalui Politeknik Pariwisata Makassar. Dengan keberadaan seperti ini maka citarasa dan bahan baku dari Kabupaten Enrekang InshaAllah akan membuana dan dikenal dimana-mana,” kata Arifin, Minggu (4/7).

Sejalan dengan itu, Ketua Program Studi Manajemen Tata Boga, Lily Dianafitry H menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk program kerja Prodi Manajemen Tata Boga berupa Pengabdian kepada masyarakat yang tidak hanya dilakukan oleh Dosen tetapi juga Mahasiswa Prodi Manajemen Tata Boga.

“Kami berharap apa yang dilakukan ini memberi manfaat dan bernilai ibadah kepada Masyarakat khususnya dalam bidang Wisata Kuliner di Kabupaten Enrekang. Adapun resep-resep yang diajarkan selama Bimtek yakni membuatnya adalah Boba Kelapa Muda, Es Kopi Susu Boba, Nugget Dangke, Pudding Espresso, Bebek Bakar ala Langda, Turtilla ala Langda, Bolu Kacang Merah, dan Angko Kacang Merah,” beber Lili. (*)