oleh

PLN Beri Pelatihan Budidaya Jamur Bagi Petani

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – PLN menggelar Pelatihan Budidaya Jamur dan Pembuatan Media Tanam Jamur di Jalan Ahmad Yani No. 190, Kelurahan Lappade, Kecamatan Ujung, Parepare, Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut sebagai komitmen untuk mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Pelatihan Budidaya Jamur iikuti oleh 16 peserta dari Makassar, Parepare, Polman, Sidrap, Barru, Pinrang hingga Palu yang digelar selama tiga hari dan dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility).

Program ini juga merupakan bantuan keberlanjutan Tahap II, yang sebelumnya sebesar Rp80 Juta untuk pengembangan Budidaya Jamur.

Pelatihan ini dihadiri oleh Manager UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti, Manager Komunikasi, Eko Wahyu Prasongko beserta tiga pemateri dari Universitas Islam Makassar, Petani Jamur Mycotopia Makassar serta Sahabat jamur Parepare.

Manager UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti menjelaskan, tujuan diadakannya pelatihan budidaya Jamur yakni memperkenalkan komuditi jamur tiram ke masyarakat serta meningkatkan kapasitas petani jamur sehungga berdampak pada perekonomian masyarakat di tengah Pandemi.

“Dengan adanya pelatihan ini akan memperkenalkan komuditi jamur tiram ke masyarakat serta meningkatkan kapasitas petani jamur sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat di tengah Pandemi,” kata Rizky Ardiana Bayuwerti

Sementara itu, Ketua Komonitas Hijau, Fakhrul Islam mengungkapkan terimakasih dan apresiasinya atas digelarnya pelatihan, yang dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam budidaya jamur tiram.

“Terimakasih kepada PLN, dengan pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam budidaya jamur tiram, terbangunnya usaha jamur tiram serta meningkatkan pendapatan masyarakat dalam usaha jamur tiram (pembuatan media tanam jamur),” ujar Fakhrul. (*)