oleh

PMD Takalar Siap Dukung Pengawasan Partisipatif

admin 1 and Supahrin-Berita, Daerah, Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.CO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Takalar menghadirkan Kepala Desa, Aparat Desa serta Forum Awas pada kegiatan Sosialisasi Desa Pengawasan dan Anti Politik Uang di Cafe Sikembar, Minggu kemarin (4/7).

Koordinator PHL Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Amrayadi mengatakan Bawaslu Takalar menjadi salah Kabupaten yang representatif digelar kemah pengawasan pemilu.

“Forum Awas Desa Popo Kecamatan Galesong Selatan, Desa Banyuanyara Kecamatan Sanrobone dan Desa Pattinoang Kecamatan Galesong yang dikukuhkan hari ini sebagai eksistensi peningkatan pengawasan partisipatif di Kabupaten Takalar,” Ujar Amrayadi.

“Sehingga sudah 6 Desa yang menyatakan kesediaannya berpartisipasi mewujudkan Desa sadar pengawasan, tentunya kemah pengawasan pemilu bisa dilaksanakan di Takalar”, Kata Amrayadi.

Kepala Seksi Pembinaan Administrasi Pemerintah Desa Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Takalar, Supriadi mengapresiasi keberadaan Desa sadar pengawasan yang telah digagas oleh Bawaslu Takalar beberapa tahun terakhir, Bawaslu Takalar sudah sangat banyak berkontribusi dalam pengembangan Desa yang sebenarnya merupakan bagian dari tugas PMD

“Secara pribadi maupun instansi saya sangat mendukung pembentukan Desa pengawasan oleh Bawaslu Takalar, Ini sangat membantu peningkatan partisipasi masyarakat, terlebih lagi keberadaan Forum Awas Desa yang berperan memberikan edukasi demokrasi kepada masyarakat”, ujarnya.

“Kami berkomitmen untuk mendukung gerakan sosial ini karena regulasinya ada, hanya nomenklaturnya disesuaikan aturan yang berlaku serta harus terverifikasi tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten, terlebih lagi hal ini sejalan dengan Desa Inklusi yang Akan dikembangkan oleh PMD Takalar, tambahnya,”

Ketua Bawaslu Takalar, Ibrahim Salim, Nellyati dan Syaifuddin selaku anggota Bawaslu Takalar akan terus meningkatkan Desa Sadar Pengawasan di Kabupaten Takalar dengan mengoptimalkan kuantitas dan kualitas Forum Awas sebagai mitra pengawas pemilu.

Sosialisasi dengan mengikuti protokol kesehatan dihadiri pula Ketua KPU Takalar, Forum Awas Kabupaten Takalar yang melantik Forum Awas Desa, staf Bawaslu Takalar serta Forum Awas Pelajar. (*)