oleh

Amir Uskara-Darmawangsyah Siap Tempur

Any Ramadhani-Gowa, Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemillihan kepala daerah (Pilkada) Gowa 2024 kurang lebih tiga tahun lagi. Menariknya, sejumlah politisi sudah siap tempur untuk menggantikan posisi Adnan Purichta Ichsan yang masa jabatannya sudah dua periode.

Sejauh ini, ada dua figur yang menguat. Mereka yakni Anggota DPR RI, Amir Uskara (AU) dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin (DM).

Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan yang juga merupakan putra Amir Uskara sudah sepakat jika partai berlambang Kakbah ini akan mendorong ketua Fraksi PPP DPR RI Amir Uskara sebagai calon bupati.

“Itu sudah menjadi harga mati. Untuk Kabupaten Gowa kita menyetujui pak Amir Uskara untuk maju,” kata Imam Fauzan, Senin (5/7/2021).

Anggota DPRD Sulsel ini memiliki alasan tersendiri mengapa dia mendorong Amir Uskara. Menurutnya, Amir Uskara yang juga Wakil Ketua Umum DPP PPP sudah cukup lama berkecimpung sebagai wakil rakyat. Mulai dari anggota DPRD Kabupaten Gowa, DPRD Sulsel, hingga legislator di Senayan (DPR RI).

Olehnya kata Imam Fauzan, sudah saatnya Amir Uskara pulang membangun kampung halaman. “Karena beliau sudah lama di DPRD saya rasa sudah waktunya pak Amir harus pulang membantu orang-orang yang membantunya di DPRD kemarin,” kata Imam.

Lebih jauh kata Imam, partainya saat ini tengah menyiapkan strategi menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Khususnya di Kabupaten Gowa.

“Di Gowa kami memiliki 8 kursi. Kedepan kami target jumlah kursi di Gowa bisa mengusung sendiri,” ungkapnya.

Sementara Darmawangsyah Muin mengaku sudah siap 99,9 persen untuk maju bertarung.

“Insya Allah 99,9 persen saya siap maju di Pilkada Gowa,” tegasnya.

Ia mengaku lebih memilih menjadi calon kepala daerah dibanding kembali maju anggota legislatif karena dirinya sudah dua periode di DPRD Sulawesi Selatan. “Sudah saatnya saya benahi daerah saya sendiri,” jelasnya.

Disinggung apakah ada kemungkinan Amir dan dirinya menyatu. Sekretaris DPD Gerindra Sulsel mengaku akan sulit sebab dirinya ingin maju sebagai calon bupati bukan sebagai calon wakil bupati.

“Saya tidak bersedia menjadi 02. Perintah partai jelas, Partai Gerindra ingin melihat kadernya membangun Gowa. Untuk itu kader Gerindra harus 01,” ungkap Darmawangsyah.

Terpisah, Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, menilai jika Amir Uskara dan Darmawangsyah Muin akan bersaing merebutkan kursi bupati.

“Amir Uskara dan Darmawangsyah Muin sudah lama bekerja sekitar 15 tahun. Tentu dua figur ini kuat,” katanya.

Namun kata dia, figur Wakil Bupati saat ini Abdul Rauf Malaganni atau Karaeng Kio juga layak diperhitungkan serta adik Kapolda Metro Jaya (Irjen Fadil Imran) Sitti Husniah Dg Talenrang (Ketua PAN Gowa). (*)