oleh

Harga Bahan Pokok Selama PPKM Darurat Diklaim Stabil

Editor : Any Ramadhani-Ekobis-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan, stok dan harga kebutuhan pokok selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 3-20 Juli 2021 aman dan stabil .

“Perbandingan harga antara Juni dan Juli 2021 yang tidak jauh berbeda. Misalnya, beras premium harganya Rp12.400 per kilogram (kg) pada 2 Juni. Sedangkan dari 2 Juli hingga hari ini, Rp12.300 per kg,” kata Lutfi, Selasa (6/7/2021).

Selain beras, kata Lutfi, harga gula pasir antara Juni dan Juli juga stabil. Adapun harga gula pasir tetap di Rp13.000 per kg.

Hal yang sama juga terjadi dengan minyak goreng kemasan sederhana harganya Rp13.900 per liter pada 2 Juni lalu, dan per hari ini harganya Rp14.100 per liter.

“Ada kenaikan sedikit karena tingginya harga CPO pada bulan-bulan sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Lutfi, harga daging sapi masih terpantau konsisten. Harganya pada hari ini Rp126.000 per kg, sementara bulan lalu berada di posisi Rp126.100 per kg.

“Barang dan bahan makanan seperti daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, kedelai, dan tepung terigu, harganya stabil,” tuturnya.

Setali tiga uang, kenaikan justru terjadi pada harga pada beberapa jenis komoditas cabai. Untuk cabai merah keriting dan rawit merah ada kenaikan dibandingkan bulan lalu.

“Tetapi tidak perlu khawatir karena Banyuwangi sudah mendekati masa panen sehingga harganya akan terkatrol turun lagi,” pungkasnya. (int/*)