oleh

HM Sattar Taba, Sosok Mandiri dan Pekerja Keras Sejak Kecil

Editor : Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Harian Rakyat Sulsel lakukan kunjungan untuk menjalin silaturrahmi dan kerjasama dengan Direktur Utama PT Tiran Group HM. Sattar Taba di markas Tiran Group, AAS Building, Jl Urip Soharjo, Kota Makassar, Selasa (6/7/2021).

Dalam kunjungan ini, HM Sattar Taba yang resmi menjadi Dirut PT Tiran Group pada tanggal 17 Juni 2021 lalu menyambut baik kehadiran rombongan PT Harian Rakyat Sulsel.

Pria asal kota Makassar ini pun mengaku senang dengan posisinya saat ini, pasalnya ia akhrinya bisa kembali ke kampung halaman setelah bertahun-tahun di tanah rantau.

“Saya juga tidak kepikiran sebelumnya, tetapi nasib berkata lain, tiba-tiba saja Pak Amran Sulaiman menyampaikan agar menjadi Dirut Tiran Grup. Setelah ditawari itu, saya bismillah dan akhirnya saya disini. Saya juga senang karena bisa kembali ke kampung halaman jadi dekat dekat dengan keluarga,” ungkapnya.

Pria kelahiran Makassar 66 tahun lalu ini juga bercerita bahwa sejak kecil dirinya sudah mendapat kemandirian dari kedua orang tuannya.

Sattar kecil terkenal lebih mandiri dan kuat dalam hal berwirausaha. Hampir sebagian anak pasti menghabiskan waktu kecilnya bermain dengan teman-teman seusia mereka.

“Bahkan saya sebenarnya sejak SD itu sudah mulai berdagang, saya ke pasar terong jualan dulu, dan itu berlanjut sampai SMP dan saat SMA itu sudah kelolah pabrik sendiri,” tuturnya.

Beda halnya dengan Sattar, sejak kecil ia justru sudah dididik mandiri untuk mencari penghasilan dalam bentuk transaksi jual beli. Dimana pada 1960-an ketika ia memasuki Sekolah Dasar, Sattar mengikuti jejak kedua orang tuanya yang juga seorang pedagang.

Berangkat dari situpun, ungkap Sattar, setiap lamaran kerja yang ia masukkan ke suatu perusahaan selalu berhasil. “Dengan kegigihan, usaha dan didikan orangtua akhirnya dulu kalau daftar kerja saya tidak pernah ditolak, semuanya diterima,” ucapnya.

Tak ayal, nama HM. Sattar Taba menjadi perbincangan dan dikenal dama dunia korporasi. Ia berpengalaman dalam memimpin perusahaan bahkan telah menorehkan sejumlah prestasi. Hal itu dibuktikan dengan beberapa kali mendapat penghargaan sebagai CEO terbaik saat memimpin BUMN dan Persero.

Diketahui Ia pernah dipercaya sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarrga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) periode 2014-2019 dan mantan Direktur Utama PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Persero.

Kiprahnya dalam memimpin PT KBN Persero sangat diperhitungkan. Bahkan ia sukses mengharumkan nama baik PT KBN Persero di ajang BUMN Award 2017 yang menyabet dua penghargaan sekaligus.

Hebatnya, pada BUMN Award 2017 itu, Sattar Taba juga dinobatkan sebagai CEO Terbaik.

Sejumlah perusahaan bonafit juga pernah ia pimpin. Ia pernah menjabat Direktur Keuangan Semen Tonasa (Persero) selama 5 tahun. Kemudian selanjutnya didapuk sebagai Direktur Utama.

Selepas itu, Semen Kupang (Persero) juga mempercayakan dirinya sebagai Direktur Utama selama 9 tahun. Dimana sebelumnya di Semen Kupang (Persero) ia dipercaya sebagai Direktur Keuangan dan Pemasaran 2 tahun.

Dalam kunjungan ini juga, PT Harian Rakyat Sulsel memberikan kenang-kenangan berupa figura kepada HM Sattar Taba. (*)