oleh

Sinrilik Hampir Punah, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan Adakan Revitalisasi Sastra Lisan Sinrilik

Editor : Any Ramadhani, Penulis : Supahrin-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pelatihan revitalisasi sastra sinrilik di Desa Barugaya Kecamatan Polut Kabupaten Takalar yang berlangsung selama 5 hari, 5 sampai 9 Juli 2021.

Peserta pelatihan ini sebanyak 25 orang anak remaja dan menghadirkan tiga narasumber yang tidak diragukan lagi pengalamannya dalam dunia Sastra Sinrilik.

“Tujuan kegiatan revitalisasi sinrilik untuk melestarikan budaya daerah setempat dan pewarisan khususnya kepada generasi muda agar generasi muda dapat mengenal, memahami seni tutur sinrilik yang sarat akan makna, dan mencintai budaya daerahnya untuk memperkaya kebudayaan nasional di era globalisasi saat ini,” ucap Herianah, S S, M.Pd.

Salah satu narasumber mengatakan Sanna rannuku punna nia anak anak ri pakrasangku erok appilajarak sinrilik sollana niak sallang sambeanganga punna dodongma Sinrilik, tandas Subuh Daeng Gassing dengan bahasa Makassar.

Sasaran dari kegiatan ini adalah anak+anak remaja yang betul betul ingin belajar tentang kesenian dan kebudayaannya sendiri. (*)