oleh

Pegadaian Hadirkan Program Pilah Sampah Hingga Program Mitra Binaan

Any Ramadhani and Hikmah-Berita-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- PT Pegadaian (Persero) menghadirkan dua program unggulan bagi masyarakat. Program tersebut berupa ‘Lomba Memilah Sampah Menabung Emas’ dan ‘Program Mitra Binaan’.

Tidak tanggung-tanggung, kedua program dari pegadaian ini berhadiah tabungan emas hingga bantuan usaha puluhan juta rupiah.

Kabag Jaringan Distribusi Layanan, Nur Fadli menjelaskan, kedua program ini merupakan program CSR yang dihadirkan selama bulan Juli.

“Program ini kami hadirkan karena sampah memiliki potensi sendri, ini bagian dari dari program bersih bersih lingkungan,” ujar Fadli dalam Media Gathering Pegadaian bersama media sekota Makassar, Selasa (6/7/2021).

Lanjut dia, untuk jenis sampah yang bisa ditukar dengan tabungan emas yaitu sampah plastik, sampah kertas, sampah logam dan sampah kardus.

“Bagi peserta yang rajin menabung sampah selama sebulan secara berjala bisa dapat tabungan emas hingga Rp2 juta rupiah, free pembukaan tabungan emas,” pungkasnya.

Sedang untuk program mitra binaan, masyarakat yang memiliki usaha kreatif dapat ikut serta memenuhi persyaratan seperti memiliki usaha dan bermukim di wilayah dibawa naungan Pegadaian Kanwil VI Makassar.

“Hadiahnya berupa hadiah pengadaan peralatan hingga pinjaman usaha puluhan juta rupiah,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Awal Ma’ruf, Kepala Bagian Pengembangan Kemitraan dan Bina Lingkungan Kanwil VI Makassar menyebutkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pegadaian sebagai Badan Usaha Milik Negara yang memperhatikan lingkungan terutama dalam hal pengelolaan sampah.

“Kebiasaan memilah sampah sebenarnya adalah kebiasaan kecil yang sangat besar manfaatnya untuk masa depan, untuk itu Pegadaian melalui Bank Sampah binaan kami mengadakan kegiatan seperti ini, tujuannya selain mengajak masyarakat untuk terbiasa memilah sampah, kami juga ingin memperkenalkan fasilitas di Bank Sampah kami tentang menukar sampah menjadi tabungan emas,” jelasnya.

Untuk mengikuti perlombaan Memilah Sampah Menabung Emas, masyarakat hanya butuh mendaftar menjadi anggota Bank Sampah dan mendatangi Bank Sampah terdekat dari kediamannya dengan membawa sampah yang sudah dipilah. Untuk jadwal pelaksanaan tidak dilakukan setiap hari melainkan di waktu tertentu yakni setiap hari Sabtu di Bulan Juli (03, 10, 17, 24) mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

“Sampah yang dikumpulkan memiliki nilai jual yang berbeda-beda tergantung kategori, contohnya untuk kategori plastik Rp 3000 perkilo dan kertas Rp 2500 perkilo. Setelah sampah yang sudah dipilah ditimbang dan dihitung sesuai nilai rupiah, maka nilai rupiah tersebut akan dikonversi menjadi saldo tabungan emas,” tutupnya. (*)