oleh

950 Mahasiswa Sulseltrabar Punya Utang Terhadap Negara, Kapan Bayar?

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Kepala Kanwil DJKN Sulselbar, Ekka Sri Sukadana mengimbau masyarakat untuk menyelesaikan utangnya terhadap negara melalui program keringanan utang yang dihadirkan DJKN.

Keringanan tersebut diberikan dalam rangka program pemulihan ekonomi
dan berlaku bagi seluruh kalangan yang memiliki piutang dan belum terselesaikan, utamanya mahasiswa.

Pasalnya, Penerima crash program keringanan utang di wilayah Sulawesi Selatan, tenggara dan Barat di dominasi oleh mahasiswa.

Dari data Kanwil DJKN Sulseltrabar, mahasiswa mendominasi program tersebut dengan total 950 mahasiswa, disusul pasien rumah sakit berjumlah 454, UMKM sebanyak 149 dan 69 Koperasi.

Meski menang secara jumlah, piutang mahasiswa menjadi yang terendah jumlahnya. Dari empat nominasi yang ada, utang mahasiswa hanya sebesar Rp2,50 Miliar, dibawah utang pasien rumah sakit yang berjumlah Rp 7,99 Miliar, UMKM yang berjumlah Rp 7,34 Milyar dan Rp 15, 95 Milyar.

“Memang jumlah mahasiswa yang terbanyak, namun jumlah pinjamannya paling sedikit. Biasanya mereka mengambil pinjaman kecil kecil dan penagihannya terkendala karena ganti nomor handphone atau pindah kost,” ujar Kepala Kanwil DJKN Sulselbar, Ekka Sri Sukadana, Rabu (14/7)

Namun demikian, Ekka mengimbau kepada para mahasiswa yang pernah mengambil pinjaman agar segera melakukan pelunasan.

“Memang jumlahnya kecil kecil, namun harus segera diselesaikan karena itu akan terus tercatat pada informasi keuangan orang yang bersangkutan, sehingga akan menyulitkan dikemudian hari,” imbau Ekkka

Hingga saat ini, total persetujuan crash program yang ditetapkan sebanyak 67 persetujuan dengan total nilai piutang negara Rp6,41 Miliar. (*)