oleh

Rayakan Idul Adha, Sekolah Islam Athirah Kurban 30 Ekor Hewan

Any Ramadhani and Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Masih dalam suasana lebaran, Sekolah Islam Athirah menggelar penyembelihan hewan kurban pada Kamis, (22/07/2021).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap idul adha ini digelar pada masing-masing unit di tiga wilayah berbeda antara lain wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga, dan Bone dimana sebanyak 24 ekor sapi dan 6 ekor kambing disembelih.

“Untuk wilayah Kajaolalido terdiri dari 11 ekor sapi dan 1 ekor kambing, masing-masing SMA Islam Athirah 1 Makassar berkurban 5 ekor sapi, SMP Islam Athirah 1 Makassar berkurban 3 ekor sapi, dan SD Islam Athirah 1 Makassar berkurban 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing,” ujar Kepala Departemen Hubungan Masyarakat Sekolah Islam Athirah, Muthmainna.

“Untuk wilayah Bukit Baruga, TK Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 1 ekor sapi, SD Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing, SMP Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga berkurban 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing, serta Borading Bukit Baruga berkurban 2 ekor sapi,” lanjutnya.

Sisanya kata Muthmainna, SMP dan SMA Islam Athirah Bone berkurban 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

“Dari data yang kami terima, totalnya ada 30 ekor (hewan kurban) tahun ini,” jelasnya

Kegiatan penyembelihan hewan kurban tersebut juga menjadi wadah edukasi. Sejumlah mata pelajaran terkait dijadikan bahan eksplorasi bagi siswa. Misalnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa ditugaskan untuk memaknai kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam ketaatannya menjalankan perintah Allah Swt.

Pada mata pelajaran lainnya, Biologi, siswa berkesempatan mengeksplorasi lebih dalam anatomi tubuh hewan yang disembelih. Menariknya, siswa dapat melihat bagian-bagian tersebut secara virtual melalui tautan zoom dan tayangan youtube yang telah disiapkan.

“Edukasi ini mengintegrasikan esensi kurban pada mata pelajaran seperti PAI, Bahasa Indonesia, dan Biologi, dan ini ditayangkan secara live,” terang Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Mas Aman Uppi. (*)