oleh

Kotak Putih Penuh Berkah dari Mereka Yang Berseragam Hijau

Any Ramadhani and Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Senyum renyah terpancar di wajah beberapa anak jalanan di sepanjang jalan Boulevard pagi ini, Jumat (23/7).

Tak seperti hari biasanya dimana beberapa tubuh mungil itu harus memamerkan suara pas pesannya di pelataran lampu merah untuk sekedar mendapat recehan dari para dermawan pengguna jalan, pagi ini mereka bak ketiban berkah.

Mungkin karena ini momen lebaran, mungkin juga karena keberuntungan sedang berada di pihak mereka. Yang jelas janji Tuhan tak pernah ingkar, tidak ada orang yang kelaparan saat lebaran. Rijal beserta kawan kawannya sangat bersyukur.

Rijal menghela nafas, menatap kotak putih polos dengan tulisan kuning berlatar hijau. Samar-samar, Rijal mengeja, seperti bagaimana yang Ia pelajari di sekolah sebelum masa pandemi covid 19 mewabah

Tulisannya jelas, ‘Kostrad Peduli’, tetapi Rijal tak begitu paham. Dirinya hanya menatap bergantian kotak putih yang ia tau pasti isinya makanan, dengan puluhan orang berseragam hijau lengkap dengan atribut dan masker pelindung dari covid 19.

Tak banyak kata yang keluar dari mulut Rijal, dirinya hanya tersenyum sambil mengucap beberapa kata dengan nada lembut, “lapar ka memang,” kata dia.

Pagi ini Rijal tak perlu susah payah menahan teriakan lambungnya dan memaksa bernyanyi di bawah tiang lampu jalan. Berkat mereka, para Abdi Negara yang Rijal tahu pasti disebut Tentara, telah membantu dirinya dan kawanHkawan sepergaulannya di jalan.

Mereka yang membagikan kotak putih berisi makanan adalah Divif 3 Kostrad Gowa. Tanpa pamrih mereka mengitari jalan, mencari Rijal Rijal yang lain yang terpaksa harus meringkuk memeluk perut dan bertarung di jalan untuk sesuap nasi.

Pagi ini Rijal bisa bernyanyi riang di lampu merah berkat bantuan mereka yang berseragam hijau. Samar-samar, Rijal mengatakan bahwa dirinya membayangkan, bagaimana jika suatu hari nanti dirinya berada di mobil kompi besar itu, bergelantungan membagikan sekantong besar makanan untuk anak jalanan yang berada di lampu merah. Rijal tersenyum girang. (*)