oleh

Investasi Pasar Modal Tunjukan Geliat Menjanjikan di 2021

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Geliat pasar modal di semester awal tahun 2021 masih cukup positif. Berbanding terbalik dengan bisnis lainnya yang meredup di masa pandemi, investasi pasar modal masih cukup menjanjikan.

Tidak hanya dari sisi investor lokal, investor asing masih terus melakukan pembelian dan penanaman investasi.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Selatan, Fahmi Amirullah mengungkapkan, saat ini minat investor asing masih cukup baik. Bahkan kata Fahmi pada pekan lalu yakni 19 hingga 23 Juli 2021, investor asing net buy Rp1,09 T dengan akumulatif Ttd 2021 yang berhasil dibukukan net buy asing hingga Rp18,74T.

“Ini menandakan bahwa kepercayaan terhadap pasar modal kita masih sangat menarik, begitu pula dengan minat investasi yang terlihat dari antusias masyarakat bahkan asing untuk menjadi bagian investor Pasar Modal,” ujar Fahmi kepada Bacapesan.com

Khusus untuk Sulsel, Fahmi mengungkapkan sampai juni 2021 lalu, total Single Investor Identification (SID) mencapai 46.277, dan Sukuk Ritel (SRE) mencapai 57.703.

Melihat kondisi diatas, terlebih penerapan PPKM yang dilakukan di berbagai daerah, Fahmi memprediksi akan terjadi recovery pada bisnis investasi.

“Tahun lalu awal pendemi respon market di bulan maret cukup membuat IHSG turun dalam, namun tidak lama bisa recovery kembali karena banyak yang memanfaatkan momentum tersebut untuk memiliki atau membeli saham karena harga yang relatif jauh lebih murah di banding sebelum pendemi, ini juga yang dulu harapkan tahun ini,” ungkap Fahmi.

“Dari dari sisi minat investasi masih cukup tinggi karena memang secara rasio, investor kita masih cukup jauh dibanding potensi yang ada sehingga potensinya masih cukup besar untuk di kembangkan termasuk sampai akhir 2021 ini,” tutupnya. (*)