oleh

PPKM Level IV Makassar Dilanjut?

Any Ramadhani and Yadi-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar berlanjut.

Keputusan tersebut berdasarkan instruksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Perpanjangan ini terhitung mulai 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan, sebagai kepala daerah wajib mengikuti aturan pusat yang disampaikan Presiden selaku kepala negara.

“Jika Pak Presiden sudah sampaikan perpanjangan PPKM level IV hingga 9 Agustus. Kita di daerah ikuti arahan dan jalankan,” tegas Danny, Senin (2/8/2021).

Kendati demikian apa yang kurang dan apa perlu dibenahi dalam penyekatan di lapangan masih menunggu edaran tertulis atau SE sebagai legalitas formal untuk dijalankan.

Menurutnya, edaran tertulis akan sangat penting karena menjadi patokan apa saja perlu dijalankan dalam masa PPKM hingga 9 Agustus mendatang.

“Tentu kita di Makassar masih menunggu surat edaran tertulis. Ini penting karena akan jadi pedoman untuk kami pelajari apa saja perlu penyekatan di lapangan,” jelasnya.

Terkait evaluasi PPKM level 4, Danny mengaku masih fluktuasi. “Kalau ditanya efektif atau belum selama PPKM level IV, masih fluktuasi. Terpenting sekarang lebih tegas terukur dan strategis,” tegas Danny.

Danny menegaskan hal paling penting adalah kesadaran masyarakat menjaga protokol kesehatan. Persoalan terbesar dalam menangani pandemi, kata Danny, adalah banyak orang yang terpapar Covid-19 lantas tak melapor.

Danny juga mengaku mendapat kritikan dari pemerintah pusat terkait pemerintah kota tidak memiliki posko. Sehingga pihaknya bakal mempercepat pengadaan kontainer sebagai posko Covid-19 di setiap kelurahan.

“Saya sudah perintahkan Pak Sekda bagaimana caranya supaya selesai hari Kamis,” kata Danny.

Sebab itu, Danny mengatakan kontainer harus selesai dalam waktu singkat. Kontainer tersebut tak hanya untuk memfasilitasi masyarakat yang terpapar Covid-19, melainkan juga tempat penyaluran bansos dan vaksinasi.

“Kalau ditanya soal hambatan kontainer yang belum rampung, saya mengatakan akar masalahnya ada pada camat dan lurah,” pungkasnya.

Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melanjutkan kebijakan PPKM Level 4. Kebijakan itu diperpanjang terhitung sejak 3 hingga 9 Agustus 2021.

“Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, nantinya PPKM Level 4 ini akan berlaku di sejumlah kabupaten/kota. “Dengan penyesuaian aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat seusai kondisi di masing-masing daerah,” ucap Jokowi.

Jokowi mengklaim bahwa PPKM Level 4 yang telah dilakukan sebelumnya telah membawa sejumlah perbaikan. “Baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase BOR (bed occupancy rate),” ujar Jokowi. (*)