oleh

Berdayakan Warga Binaan, Rutan Pinrang Bentuk Gerakan Pramuka Pengayoman

Any Ramadhani and Amran-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Bertempat di Lapangan Serbaguna Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang, Kepala Rutan, Wahyu Trah Utomo selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan bersama Jajaran yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Pengayoman Lasinrang Rutan Pinrang dilantik dan dikukuhkan oleh Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pinrang dengan susunan struktur organisasi Ketua Mabigus, Dewan Pembina dan Lembaga Pemeriksa Keuangan masa bakti 2021-2023, Selasa (3/8).

Pelantikan ini dilakukan dengan prosesi upacara resmi yang didahului oleh “Manggosong” dari salah satu perwakilan Warga Binaan yang tergabung dalam gerakan kepramukaan. Mangngosong ini sebagai bentuk penghormatan kepada tamu agung yang bertandang ke Rutan Pinrang.

Upacara pelantikan kemudian diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana, Muhajir.

Dalam laporannya, Muhajir menyampaikan bahwa proses pembentukan gerakan pramuka Pengayoman Lasinrang kurang lebih berjalan tiga bulan yang beranggotakan 20 orang dari Warga Binaan dengan proses seleksi yang ketat.

“Gerakan Pramuka ini merupakan bentuk pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan sebagaimana Tupoksi kami di Pemasyarakatan, menjadikan Warga Binaan berdaya dan produktif.” kata dia.

Selanjutnya, Bertindak sebagai Pembina Upacara, Bahar Mani, selaku Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pinrang.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Ikrar oleh Pengurus Mabigus Pengayoman Lasinrang, dilanjutkan dengan pengucapan Tri Satya yang dipandu langsung oleh Pembina Upacara.

Selesai itu, Pembina Upacara menyematkan tanda jabatan dan menyaksikan penandatanganan Ikrar antara Ketua Mabigus Pengayoman Lasinrang dengan Ketua Kwartir (Kwarran) Ranting Gerakan Pramuka Mattiro Bulu.

Pada kesempatan ini, SK Pengurus juga dibacakan oleh Kwarran Mattiro Bulu dan memperoleh nomor Gugus Depan (Gudep) 05-079/05-080.

Saat menyampaikan Amanat, Pembina Upacara merasa terharu dengan keseriusan dan ketekunan Rutan Pinrang membentuk gerakan Kepramukaan meski dalam susana terbatas.

“Gerakan Pramuka Pengayoman Lasinrang ini merupakan gerakan kepramukaan tingkat wilayah kedua yang dibentuk di Kabupaten Pinrang, karena di luar dari sekolah. Mewakili Pengurus Kwarcap bangga dan berterima kasih yang setinggi-tingginya. Mudah-mudahan kita bisa bersinergi membuat kegiatan kepramukaan di masa-masa yang akan datang.” Ungkapnya.

Selain Pengurus Kwarcap Pinrang, hadir pula Pengurus dan Dewan Pembina Kwarran Gerakan Pramuka Mattiro Bulu, Camat Mattiro Bulu dan Kakak-Kakak Andalan Lingkup Kabupaten Pinrang.

Usai pelantikan, kegiatan ini ditutup dengan beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh Warga Binaan Rutan Pinrang seperti Parade Yel-Yel Pramuka, Musikalisasi Puisi “Penampungan Terindah, Kasidah dan Senam Nusantara Wanua Penrang. (*)