oleh

Makassar Bakal Punya Perpustakaan Baru, Segini Alokasi Anggarannya

Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kota Makassar bakal memiliki perpustakaan baru. Proses pembangunannya kini mulai ditender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Gedung ini bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp10 miliar.

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Andi Tenri A Palallo, mengatakan, program ini harus berjalan di Agustus ini. Pada proses lelang sudah memasuki tahap pengumuman pascakualifikasi. Pemenang tender akan segera dirilis.

“Karena menggunakan anggaran DAK,” ujar Andi Tenri, Senin (9/8).

Untuk desain dan pembangunannya, Tenri menyampaikan, tetap seperti pada perencanaan sebelumnya. Tidak ada perubahan konsep maupun besaran anggaran. Tetap Rp10 miliar seperti yang seharusnya dicairkan tahun lalu.

Rencananya, perpusatakaan umum kota ini akan dibangun di lahan eks THR Jalan Kerung-kerung, Kelurahan Maradekayya Utara, Kecamatan Makassar. Perpustakaan ini akan dibangun sebanyak tiga lantai dengan menggabungkan konsep modern dan tradisional.

Memiliki ukuran 430 meter persegi, gedung ini akan berdiri kokoh di atas lahan seluas 1.430 meter persegi. Sedangkan untuk gedung lama yang terletak di Jalan Lamadukellng akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan pembantu jika kerjasama dengan pihak yayasan tetap dilanjutkan.

Terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, program yang administrasi dan peremcanaannya bagus didorong untuk segera terealisasi.

“Apalagi yang menggunakan anggaran DAK, itu harus dikerjakan karena bisa kembali anggaran kalau tidak direalisasikan,” ungkap Moh Ramdhan Pomanto.

Tidak hanya itu, Danny mendorong ke OPD tetap menjalankan program dengan baik. Karena belanja pemerintah juga bisa membantu pergerakan ekonomi pada masa pandemi ini. (*)