oleh

Kabupaten Gowa Siap Berpartisipasi Dalam Merdeka Ekspor

Any Ramadhani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Kabupaten Gowa siap ikut berpartisipasi dalam kegiatan Merdeka Ekspor Sulawesi Selatan Tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian RI.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menerima audience Balai Besar Karantina Pertanian Makassar Kementerian Pertanian RI di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Senin (9/8).

“Kami siap berpartisipasi dan ikut berkontribusi. Jika ada masalah di lapangan, tolong disampaikan agar dapat kami perbaiki segera,” ujar Adnan dalam sambutannya.

Kegiatan bertema “Mendorong Produktivitas Pertanian Untuk Memacu Peningkatan Ekspor Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional” ini menurut Adnan juga diharapkan dapat memperbaiki nasib para petani sebagai bagian paling hulu dari aktivitas pertanian ini.

“Kita berharap identifikasi petani khususnya porang dapat ditingkatkan di Kabupaten Gowa. Karena saya lihat ini adalah salah satu komoditi ekspor yang menjadi prioritas dalam kegiatan nanti,” terangnya.

Lebih lanjut orang nomor 1 di Kabupaten Gowa ini meminta agar ke depannya diadakan kerja sama berkesinambungan antara Pemerintah Kabupaten Gowa dengan Balai Besar Karantina Pertanian Makassar terkait quality control dan distribusi hasil panen petani di Kabupaten Gowa.

“Harapannya ini dapat memangkas rantai distribusi produk pertanian dari hulu sampai hilir sehingga kualitas dapat terjaga. Harga juga stabil. Harus ada solusi agar petani tetap terjaga antusiasmenya untuk menanam porang,” lanjut Bupati 2 periode ini.

Bertindak mewakili KepalaBalai Besar Karantina Pertanian Makassar, Kordinator Bidang Tumbuhan Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Hj. Nuni Ujiani Natsir menyampaikan bahwa kegiatan yang akan dilangsungkan pada 14 Agustus 2021 ini memang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Sudah sejalan dengan apa yang Bapak Bupati harapkan. Dengan adanya kegiatan ini ke depannya, nanti petani yang langsung berkomunikasi dengan eksportir. Jadi, harga tidak banyak dipangkas,” katanya.

Selain Porang, kegiatan Merdeka Ekspor Tahun 2021 ini juga menjadikan beberapa hasil perkebunan dan holtikultura seperti kopi, kakao, dan cabe sebagai prioritas ekspor.

Turut hadir pada audience ini, Kordinator Bidang Hewan Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Sri Utami, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Sugeng Priyanto, dan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan, Suhriati. (*)