oleh

Program PPG FKIP Unismuh Kantongi Akreditasi A

Any Ramadhani and Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Raihan tersebut mengundang kesyukuran Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Erwin Akib.

“Hal ini tidak lepas dari kerja keras Tim Merah Putih, begitu kami menyebutnya. Karena saat visitasi online beberapa waktu lali, seragam tim itu berwarna merah putih,” ungkap Erwin Akib, Rabu (18/8).

PPG FKIP Unsimuh terdiri dari dua Prodi, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Koordinator PPG Unismuh adalah Dr Baharullah, Sekretarisnya Dr Sukmawati.

“Kedepan, kita berharap PPG Unismuh bukan hanya dua prodi. Kami sudah mengusulkan tambahan Prodi Matematika, PGSD dan Sosiologi. Semoga bisa segera terwujud, sehingga akan menambah jumlah prodi yang memang khusus untuk PPG di Unismuh,” ujar Alumni Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia ini.

Dalam penetapan peringkat akreditasi tersebut, kata Erwin, terdapat beberapa faktor yang mampu menunjang Prodi PPG FKIP Unismuh meraih akreditasi A.

“Antara lain, kinerja dan luaran yang basisnya terdiri dari komponen input, komponen output, komponen proses, dan komponen manajemen,” jelas Dekan FKIP Unismuh dua periode ini.

Erwin melanjutkan, luaran dari komponen output dapat dicontohkan seperti di bidang publikasi, riset, hak cipta dan pengabdian. “Komponen proses seperti kurikulum, penilaian, seleksi, dan tingkat kelulusan. Sedangkan komponen manajemen, seperti tata kelola dan penjaminan mutu Prodi PPG,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, dari semua proses itu, PPG FKIP Unismuh berhasil meraih nilai 370, atau predikat A. Terima kasih atas dukungan semua pihak atas keberhasilan ini,” tutup Erwin.

Atas raihan tersebut, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse memberikan apresiasi.

“Alhamdulillah, kami ucapkan kepada Pak Dekan FKIP dan seluruh tim yang telah bekerja keras, sehingga capaian akreditasi A bisa terwujud. Capaian ini tentu akan memberikan kontribusi bagi pencapaian akreditasi Unggul bagi institusi,” kata Ambo Asse.

Nakhoda Unismuh ini juga mendorong agar PPG FKIP segera membuka beberapa prodi lain, agar bisa meningkatkan sumbangsih Unismuh dalam mencetak guru professional dari berbagai bidang studi.

“Sekali lagi selamat. Semoga prodi-prodi lain yang akan mengajukan akreditasi bisa menyusul prestasi ini,” ucap Guru Besar Ilmu Hadits ini. (*)