oleh

Pemkot Parepare Asuransikan Hewan Ternak

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) mengasuransikan hewan ternak, seperti sapi dan kerbau.

Kepala Dinas PKP Parepare Wildana, menuturkan, salah satu program prioritas Pemerintah Kota dalam mengurangi resiko kerugian bagi peternak dengan memberikan fasilitas berupa jaminan ganti rugi. Untuk saat ini kata dia, ratusan ternak telah diasuransikan, baik hewan ternak sapi maupun kerbau.

“Kami mengasuransikan hewan ternak dan kami target untuk tahun ini 600 ternak yang diasuransikan. Untuk sapi yang saat ini kami tanggung itu 100 persen, dan untuk kerbau 20 persen. Untuk sementara, cuma dua jenis ternak yang kami asuransikan,”tutur Wildana.

Wildana menambahkan, kriteria untuk mendapatkan asuransi tersebut yaitu sapi atau kerbau berumur minimal 1 tahun sampai usia produktif.

Selanjutnya, peternak yang tergabung dalam kelompok ternak, peternak yang mendaftar harus memiliki NIK, dan sapi atau kerbau betina yang didaftarkan menjadi peserta AUTS paling banyak 15 ekor per peternak skala kecil.

Wildana berharap, masyarakat pengusaha ternak di Kota Parepare dapat memanfaatkan program asuransi ternak tersebut, demi mendapatkan jaminan dalam usaha peternakan dan adanya penggantian dana atau klaim jika terjadi kerugian pada ternak sesuai kriteria asuransi yang ditanggung.
(***)