oleh

Lestarikan Udang Windu, PLT Gubernur Tebar Benih di Desa Waetuoe Pinrang

Any Ramadhani-Pinrang-

PINRANG, BACAPESAN.COM – Gubernur Sulawesi selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pinrang berkesempatan melepas ribuan benih udang windu di Desa Waetuoe Kecamatan Lanrisang, Jumat (20/8/2021) lalu.

Kegiatan pelepasan benih udang windu ini merupakan salah satu upaya pelestarian udang jenis windu dalam program pandawa 1000 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengungkapkan, program ini sangat didambakan oleh para petani tambak di Pinrang karena udang windu merupakan salah satu komoditas unggulan dari Kabupaten Pinrang.

Bupati Irwan juga menyampaikan, dalam kesempatan ini, masyarakat petani tambak juga menguji coba pemeliharaan udang windu disandingkan dengan pemeliharaan ikan jenis kakap di tambak – tambak mereka.

“Ini sekaligus mengujicobakan salah satu kreatifitas orang Pinrang yang memadukan udang windu dan ikan kakap” ungkap Bupati Irwan.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, pengembangan udang windu merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan, karena Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan ingin kembali mengembalikan masa jaya udang windu hasil produksi Provinsi Sulawesi selatan.

Sudirman melanjutkan, proses pemeliharaan udang tidak mudah, dibutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan terutama tekad kuat bersinergi untuk mengembangkannya.

“Tidak mudah mengerjakan udang, saya tahu sekali, kami telah seleksi, dari 10 Kabupaten, kami akhirnya memilih Pinrang karena Bapak Bupati menunjukkan keinginan dan semangat yang sangat besar” ungkap Sudirman.

Lebih lanjut Sudirman mengungkapkan, program ini adalah kerja bersama, dirinya berharap 1000Ha tambak ini menghasilkan produksi udang windu dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

“Kita libatkan semua stake holder, 1000 Hektar tambak ini saya minta di kawal dan dijaga agar produksinya sesuai dengan harapan” tutup Sudirman. (*)