oleh

PPKM Dilonggarkan, Luhut: Ada Positif dan Negatifnya

Any Ramadhani-Nasional-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, bahwa saat ini mobilitas masyarakat terpantau mengalami kenaikan setelah dibukanya beberapa aktivitas saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Terjadi kenaikan mobilitas dan aktivitas masyarakat. Hal ini terdeteksi dari indeks komposit dari mobilitas Google yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual kemarin, dikutip Selasa (24/8/2021).

Luhut mengakui, dengan dibuatnya kebijakan pelonggaran tersebut memiliki konsekuensi yang harus siap untuk dijalankan oleh pemerintah. Menurutnya, akan ada dua sisi berbeda dari hasil pelonggaran ini.

“Dari sisi positifnya, aktivitas ekonomi mulai berjalan dengan cepat. Namun, disisi negatifnya, berpotensi meningkatkan penyebaran kasus Covid-19 di tanah air dalam beberapa waktu ke depan,” ujarnya.

Kendati demikian, Luhut tetap mengingatkan meski saat ini angka Covid-18 telah menurun dan harus tetap hati-hati. “Kita walaupun ini semua baik, sekali lagi saya sampaikan kita semua harus super hati-hati menghadapi ini.” imbuhnya.

Terlebih lagi, kata Luhut, sampai saat ini belum ada satupun negara di dunia yang boleh mengklaim bahwa mereka sudah mampu menghadapi Covid-19.

“Kita pun dalam posisi yang sama. Dan apa yang kita lakukan sekarang, sama-sama kerja bahu membahu, saya kira akan bisa kurangi dampak-dampak yang kita inginkan,” pungkasnya. (int/*)