oleh

Pelajar SMA Bersiap, HiLo Teen Gelar Design Thinking Marathon 2021

Any Ramadhani and Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Salah satu susu terkemuka di Indonesia, HiLo Teen bekerja sama dengan Singapore Tourism Board dan didukung oleh Pahamify menggelar HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021, bagi pelajar SMA dan sederajat.

Kehadiran HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 ini untuk mendukung proses belajar para pelajar melatih kemampuan design thinking, proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata.

Head of Marketing Nutrifood, Susana menjelaskan, HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 merupakan program design thinking tingkat nasional pertama di Indonesia bagi pelajar SMA dan sederajat.

“Design thinking sendiri adalah sebuah metode cara berpikir untuk menyelesaikan masalah dengan berfokus pada kebutuhan pengguna atau user,” ujar Susana.

Program ini sendiri pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat oleh David Kelley dan Tim Brown, pendiri IDEO, sebuah konsultan desain produk berbasis inovasi.

“Konsep design thinking ini kami coba terapkan di Indonesia bagi para pelajar SMA dan sederajat dengan tujuan mendukung proses belajar serta melatih proses berpikir yang sistematis, menyeluruh, dan mengedepankan empati dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata di masyarakat. Kami senang sekali HiLo Teen Design Thinking Marathon tahun ini bekerja sama dengan mitra strategis kami, yaitu Singapore Tourism Board yang selama bertahun-tahun mendukung program HiLo, serta didukung oleh Pahamify, aplikasi belajar online yang seru dilengkapi video pembelajaran
yang asik hingga tips agar tetap semangat untuk belajar,” pungkas Susana.

Sejalan dengan itu, Area Director STB Indonesia (Jakarta), Mohamed Firhan Abdul Salam mengatakan antusiasnya
berkolaborasi dengan HiLo melalui acara HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021.

Menurut Firhan, anak-anak muda memiliki kekuatan untuk membentuk sejarah dan cara berpikir kreatif mereka untuk mendapatkan perspektif yang baru.

Program HiLo Teen Design Thinking Marathon 2021 terdiri dari tiga tahap kompetisi, dengan kriteria penilaian tiap tahap yang berbeda.

Tahap pertama adalah tahap belajar mandiri (self-learning) dan workshop virtual. Pada tahap kedua, peserta akan diseleksi dan dipilih menjadi 20 kelompok. Ke-20 kelompok akan mengikuti program mentoring bersama kakak-kakak mentor dan realisasi projek seru peserta dalam membuat inspiring campaign for teens. Pada tahap akhir, 10 kelompok terpilih akan melakukan presentasi pitching ide di hadapan dewan juri dan masyarakat umum di YouTube secara Live.

“Dari 10 kelompok tersebut, akan dipilih 3 juara dan 1 juara favorit. Harapannya, solusi yang ditawarkan dapat bermanfaat untuk remaja, sesuai dengan masalah yang dihadapi, kreatif, dan kemampuan analisis. Peserta Top 20 hingga para pemenang berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total nilai hingga Rp250.000.000,”terang Susana. (*)