oleh

Fahri Hamzah Kritik Partai Oposisi yang Lebih Banyak Diam dan Pencitraan

Any Ramadhani-Nasional, Politik-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah mengkritik partai oposisi yang duduk di parlemen. Menurut Fahri, parlemen kini sepi dari suara kritik oposisi kepada pemerintah.

“Banyak partai yang tidak tau cara oposisi dalam presidensiil. Bicara “kami oposisi” tapi faktanya parlemen kita sepi dari orang cerewet. Kalau DPR RI sepi artinya sesungguhnya oposisi sudah tidak ada. Hanya dengan mengembalikan daulat rakyat maka oposisi tegak,” ujar Fahri Hamza lewat keterangan tertulisnya, Senin (30/2021).

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini menilai, banyak kesalahan memahami oposisi dalam tradisi presidensial. Oposisi presidensial bermuara pada oposisi kongresional atau lembaga perwakilan.

“Jadi gak usah teriak oposisi, cukup buktikan suara anda merdeka. Sementara DPR RI kita kebanyakan satu suara tanpa perbedaan yang nyata,” ungkapnya.

Dia mengatakan, peran pengawasan dan oposisi tidak bisa diserahkan kepada masyarakat sipil atau pun partai baru. Menurutnya, rakyat pada dasarnya tidak bebas, terbukti sekarang. Tapi suara rakyat di DPR RI sangat berarti dan dahsyat.

“Inilah yang harusnya kita fungsikan. Jangan malah sibuk pencitraan,” cetusnya.

Fahri Hamzah mengajak partai oposisi agar mengaktifkan semua anggota DPR RI agar lebih keras bersuara.

“Hingga suara rakyat yang tak terdengar menjadi nyaring terdengar. Jewerlah eksekutif di seluruh lini dan jangan bersekongkol dengan mereka. Diam kalian adalah sekongkol,” paparnya. (int/*)