oleh

Berani Berinvestasi, Hadapi Resiko untuk Raih Keuntungan Tinggi

Any Ramadhani-Edukasi, Ekobis-

TOLI-TOLI, BACAPESAN.COM – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 2 September 2021 di Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan
pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Bangkit dari Pandemi dengan Literasi Digital”.

Program kali ini menghadirkan 892 peserta dan empat narasumber yang terdiri dari dosen
Universitas Muhammadiyah Luwuk Sulteng dan Entrepreneur, Lady Diana Khartiono; konsultan
keuangan dan Co-founder indoagribiz.com, Diana Sumolang; Entrepreneur, Adhitya Lanae; serta dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Tadulako Sulteng, Djayani Nurdin.

Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Aguslia Hidayah. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa.

“Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Lady yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Tren Pekerjaan dan Usaha di Dunia Digital”. Menurut dia, adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan zaman diperlukan agar kita mampu bertahan. Kuasai berbagai kemampuan terkait IT, media sosial, dan dunia digital agar kita mampu bersaing dan terus berkembang.

“Persaingan terbaik adalah bersaing dengan dirimu yang kemarin,” ungkapnya.

Berikutnya, Diana menyampaikan materi etika digital berjudul “Sosialisasi E-Pasar bagi Para
Pelaku UMKM”. Ia mengatakan, kehadiran lokapasar di Indonesia berperan penting mendukung pertumbuhan bisnis UMKM. Berbagai tips agar mampu bersaing dilokapasar harus diterapkan mulai dari melengkapi profil hingga memanfaatkan berbagai fitur lokapasar.

Sebagai pemateri ketiga, Adhitya membawakan tema budaya digital tentang “Mengubah Pola
Pikir Konsumtif Menjadi Lebih Produktif”.

Menurut dia, saat berbelanja di lokapasar, carilah sekadar apa yang dibutuhkan, cek rating dan ulasan toko, baca deskripsi dengan teliti dan cek skala prioritas barang tersebut.

“Bedakan antara keinginan dan kebutuhan!” tegasnya.

Adapun Djayani, sebagai pemateri terakhir, menyampaikan tema keamanan digital mengenai “Pilihan Investasi yang Aman dan Menguntungkan Selama Masa Pandemi”. Ia mengatakan, investasi penting dilakukan untuk melawan inflasi, menambah sumber pemasukan, dan mencapai tujuan finansial lebih cepat.

Jenis investasi yang bisa dipilih beragam dari yang paling konvensional seperti barang dan properti hingga paling mutakhir valas, saham, dan uang kripto.

Setelah sesi materi, moderator melanjutkan kegiatan dengan sesi tanya jawab yang disambut beragam pertanyaan menarik dari para peserta. Panitia memberikan hadiah uang elektronik senilai masing-masing Rp100.000 bagi 10 penanya terpilih. Program Literasi Digital mendapat apresiasi dan dukungan dari banyak pihak karena menyajikan konten dan informasi yang baru, unik, dan mengedukasi para peserta.

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat Sulawesi. Salah satu pertanyaan menarik peserta adalah tentang bagaimana cara berinvestasi agar bisa meraih untung tinggi.

Narasumber menjelaskan bahwa resiko dan hasil itu proporsional, semakin tinggi resiko makin tinggi pula potensi profitnya. Pelajari dan pahami instrumen investasi serta lakukan diversifikasi.

Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang disampaikan narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (*)