oleh

Psikologi Orang yang Suka Mem-bully

Any Ramadhani-Gaya Hidup, Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Bully adalah salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan orang atau kelompok atas pribadi lainnya.

Tidak hanya merusak secara fisik, aksi perundungan juga bertanggungjawab atas gangguan psikologi pada korbannya.

Namun yang jadi pertanyaannya, mengapa ada orang yang gemar merundung orang lain?

Salah satu alasannya menurut ahli, seperti diungkap pada laman organisasi Bully Buster, umumnya adalah masalah dalam lingkungan di mana mereka tinggal, dalam hal ini rumah.

Ketika orang (anak) menyaksikan kekerasan atau perbuatan kurang menyenangkan di tempat ia tinggal, hal ini akan memicu mereka untuk menjiplak perlakuan yang mereka lihat.

Dalam kepala perundung, aksi yang mereka lakukan adalah sesuatu yang keren atau membuat mereka terlihat lebih tangguh dari lainnya.

Adapun alasan lain mengapa mereka kerap mem-bully, adalah ketika sorotan orang di sekitar mereka beralih pada orang lain.

Kecemburuan akan sesuatu yang tidak dimilikinya pada sosok lain, juga disebut menjadi salah satu alasan mengapa hal ini terjadi.

Dan yang lebih parah, adalah ketika perundungan yang dilakukan, tidak disadari oleh si pem-bully itu sendiri, atau dirinya tidak menyadari seberapa besar efek perbuatannya atas orang lain. (int/*)