oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Raika Sasar Pusat Perbelanjaan

Any Ramadhani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Virus Covid-19 mulai melandai. Saat ini, Kota Makassar sudah memasuki zona oranye. Meski demikian, upaya pencegahan penyebaran virus tersebut terus dilakukan. Salah satunya menggelar tes swab di pusat perbelanjaan.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan, pemerintah kota melalui Tim Satgas Raika bersama Dinas Kesehatan Makassar melakukan swab antigen Covid-19 di tempat-tempat yang berpotensi menjadi pusat kerumunan.

“Pemerintah Kota Makassar memasifkan pelaksanaan swab antigen. Setelah intens menggelar swab on the road bekerja sama dengan TNI-Polri, saat ini gencar dilakukan di tempat keramaian,” kata Danny, Kamis (2/9/2021).

Danny Pomanto mengemukakan swab dengan menyasar tempat keramaian ini untuk menindaklanjuti permintaan dan kritik masyarakat.

“Ini juga sesuai permintaan masyarakat, misalnya mengkritisi saya kenapa cuma di jalan, atau di perbatasan. Itu warkop, toko-toko besar yang berpotensi kerumunan juga harus dilakukan swab,” ungkap Danny.

Dia menyebut tempat wisata, toko besar yang berpotensi menimbulkan kerumunan menjadi fokus kegiatan swab di tempat. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya pandangan negatif. Seperti adanya diskriminasi karena hanya fokus di warung kopi (warkop) atau usaha kecil.

Wali Kota Danny Pomanto meminta pelaku usaha untuk taat pada protokol kesehatan meski penularan saat ini mulai terkendali. Dibuktikan dengan penurunan status Covid-19 di Makassar yang saat ini berada di zona oranye.

“Prinsipnya tempat krumunan, tapi coba balik kalaupun ada di warkop baru semuanya negatif kan warkopnya bisa terkesan bahwa disini minum kopi tanpa corona,” ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Satpol PP Makassar Iqbal Asnan menegaskan telah menindaklanjuti perintah Wali Kota Makassar. Sejauh ini, swab acak telah menyasar pusat kerumunan seperti toko Agung di jalan Ratulangi.

“Kami sudah datangi agung, itu ada 23 karyawan yang di swab dan semuanya non reaktif,” kata Iqbal Asnan yang juga menjabat Ketua Satgas Pengurai Kerumunan (Raika).

Belum lama ini. Satgas Raika menyisir di wilayah Kecamatan Tamalate. Sebanyak delapan tempat usaha disinggahi. Diantaranya Kopi Soe, Abu Lahab Cafe, Warkop Om Ben, Kopi Ming, Daun Coffee, Warkop Delima dan rumah makan Mie Setan.

Hasil swab acak di tujuh tempat usaha lainnya, tidak ada satu pun karyawannya yang ditemukan positif covid-19. Selain itu juga, Satgas Raika menyasar dua lokasi pusat perbelanjaan yakni Pasar Sentral dan Gelael.

Di Gelael, ada 15 orang karyawannya yang diswab dan hasilnya semua terkonfirmasi negatif. Sementara di Pasar Sentral, hingga berita ini ditulis, masih berlangsung swab kepada sejumlah pedagang di sana. (*)