oleh

Resepsi dan Promosi Budaya Sulsel di Amerika Serikat

Any Ramadhani-Internasional-

NEW YORK, BACAPESAN.COM – Sabtu, 4 September, waktu New York, seorang putra Bugis, bernama Muhammad Khadafi Bakrie B., Eng. menikahi Dr. Flouriza Nabila Yosh, Seorang putri yang berdarah Minangkabau di kediaman Sekretaris BPLN KKSS New York, Ibu Sitti Hajar beralamat di Long island, 31 Arthur Street, Baldwin, New York, Amerika Serikat.

Pengantin pria, Muhammad Khadafi Bakrie dengan panggilan akrabnya sebagai Bakrie juga selaku Wakil Ketua BPLN KKSS New York, lahir di Makassar, putra kelima dari pasangan Bapak H. Muhammad Bakrie dan Ibu Hj. Ibu Sitti Fatimah, yang mempersunting Flouriza, putri Bapak Yoshadi Fakhruddin dan Alm. Ibu Eliza Yoshadi.

Protokol dan ketua koordinator Acara ini dipimpin oleh Bendahara KKSS New York, Bapak Harianto Jufri dibantu oleh Bapak M. Saleh Mude sebagai penasihat dan laksanakan oleh hampir seluruh anggota BPLN KKSS dan teman Perantau di New York.

Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara dibawakan oleh Ustadz Muhammad Yusuf dan Ibu Salmawati.
Acara di awali dengan pembacaan Ayat Ayat Suci Al Qur’an oleh Ustadz Muhammad Rasyid dilanjutkan dengan Akad Nikah. Pengantin Pria dinikahkan langsung oleh Bapak Yoshadi Fakhrudin sebagai orang tua mempelai wanita.

Nasihat pernikahan disampaikan oleh Bapak Imam Shamsi Ali, sedangkan Doa pernikahan dipimpin oleh Ustadz Muthahhir Arif.

Acara ini termasuk unik, spektakuler, dan memiliki nilai yang tinggi, bertujuan sebagai langkah untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya adat dan budaya Sulawesi Selatan karena diadakan di tengah komunitas penduduk asli Amerika dengan mengenakan pakaian adat dan prosesi acara adat Bugis-Makassar.

Menariknya, seluruh pakaian adat, ornamen, dan perhiasan yang kaya ciri khas Bugis Makassar, didesain sendiri oleh Ibu kandung Muhammad Khadafi Bakrie dan dibawa langsung dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Tamu dan undangan dihadiri oleh hampir seluruh suku dan ras dari Indonesia termasuk warga Amerika dan tentunya mayoritas dari Pengurus dan Warga KKSS yang sudah bermukim, kerja dan sekolah di New York, Washington DC. Maryland, Connecticut, Perinceton, New Jersey, Long Island, dll.

Turut serta kehadiran Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, Bapak Dr. Arifi Saiman dan Istri, didampingi oleh Ketua BPLN KKSS New York, Bapak Syaiful Andi Hamid dan Ibu Kus Aryani Hamid.

Yang unik dalam prosesi pernikahan ini karena pembawa erang-erangan atau bingkisan dibawakan oleh lima orang kulit putih dan dua orang Indonesia. Bahkan pembawa payung yang menaungi kedua pasangan dilakukan oleh orang Amerika.

Sebagian banyak dari para tamu termasuk warga Amerika juga mengenakan baju bodo pakaian khas dari Bugis Makassar yang lengkap seperti di tanah air.

Pada saat resepsi hampir selesai, nampak para tamu berdansa dan bernyanyi bersama di belakang rumah di atas air yang dikelilingi dengan boats atau perahu jet.

Ini membuktikan betapa tingginya solidaritas dan persatuan perantau atau diaspora asal Indonesia khususnya warga Sulawasi Selatan yang mampu membangun toleransi yang baik dengan penduduk lokal di Amerika. (*)